PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE, CORPORATE GOVERNANCE DAN FIRM AGE TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE

WIDYASTUTI, ANISA (2022) PENGARUH ENVIRONMENTAL PERFORMANCE, CORPORATE GOVERNANCE DAN FIRM AGE TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

ANISA WIDYASTUTI, Pengaruh Environmental Performance, Corporate Governancen dan Firm Age Terhadap Environmental Disclosure. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Environmental Performance, Corporate Governance, dan Firm Age pada perusahaan manufaktur, pertanian dan pertambangan periode 2017 – 2020. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan dan/atau laporan keberlanjutan perusahaan terkait serta laporan publikasi yang diterbitkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 30 perusahaan sehingga total amatan sebanyak 120. Analisis data untuk pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan software Eviews 12. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kinerja lingkungan, kepemilikan institusional dan umur perusahaan berpengaruh positif terhadap environmental disclosure. Sedangkan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap environmental disclosure. Penelitian ini merekomendasikan bagi peneliti selanjutnya untuk dapat menggunakan variabel independen yang lain yang dapat menjadi faktor dalam pengungkapan lingkungan agar lebih beragam, melakukan penilaian pengungkapan informasi lingkungan dengan menggunakan pengukuran lain, menambahkan kriteria baru dalam menentukan sampel yaitu menyajikan tabel indeks pelaporan sesuai GRI pada laporan keberlanjutan atau laporan tahunan, menggunakan populasi yang terfokus pada industri tertentu agar data yang diperoleh dapat menjelaskan informasi pada industri tersebut dan memberikan tambahan periode yang dianalisis untuk memberikan hasil yang lebih baru. Kata Kunci : environmental disclosure, environmental performance, komisaris independen, kepemilikan institusional, umur perusahaan

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Rida Prihatni, S.E., M.Si., Ak, CA, CMA Pembimbing 2 : Diah Armeliza, S.E., M.Ak.
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:07
Last Modified: 10 Oct 2022 07:07
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10739

Actions (login required)

View Item View Item