LOGIKA AKUNTANSI SEBAGAI TANTANGAN DALAM IMPLEMENTASI SISTEM ODOO ERP: STUDI KASUS DI PT BERDIKARI (PERSERO)

SYARINDRA, FARIS RIFQI (2022) LOGIKA AKUNTANSI SEBAGAI TANTANGAN DALAM IMPLEMENTASI SISTEM ODOO ERP: STUDI KASUS DI PT BERDIKARI (PERSERO). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover - SKRIPSI_Faris Rifqi Syarindra_1706617108.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - SKRIPSI_Faris Rifqi Syarindra_1706617108.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 - SKRIPSI_Faris Rifqi Syarindra_1706617108.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3 - SKRIPSI_Faris Rifqi Syarindra_1706617108.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text
BAB 4 - SKRIPSI_Faris Rifqi Syarindra_1706617108.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 5 - SKRIPSI_Faris Rifqi Syarindra_1706617108.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA - SKRIPSI_Faris Rifqi Syarindra_1706617108.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

FARIS RIFQI SYARINDRA. Logika Akuntansi Sebagai Tantangan dalam Implementasi Sistem ODOO ERP: Studi Kasus di PT Berdikari (Persero). Logika Akuntansi adalah seperangkat asumsi, prinsip dan keyakinan tentang bagaimana akuntansi harus dilaksanakan dan seperti apa akuntansi itu seharusnya. Logika akuntansi didefenisikan sebagai prinsip-prinsip desain yang mendasari sistem akuntansi yang dicirikan oleh kontingensi historis dimana logika akuntansi menjadi lazim dalam konteks merancang dan menggunakan sistem akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan logika akuntansi yang terdapat dalam sistem ODOO ERP dan bagaimana logika akuntansi ini menjadi efektif penerapannya di PT Berdikari (Persero). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana data data primer didapatkan melalui observasi dan wawancara serta data sekunder berasal dari studi kepustakaan ilmu terkait. Tahapan dalam penelitian ini adalah dengan malkukan observasi langsung ke lapangan terkait implementasi ODOO dan juga melakukan wawancara kepada informan penelitian. Hasil dari penelitian adalah logika akuntansi dalam ODOO ERP di PT Berdikari (Persero) memenuhi semua prinsip kerangka konseptual laporan keuangan berbasis IFRS. Pemilihan ODOO ERP sebagai sistem akuntansi adalah karena kelebihan dari ODOO ERP yang menjadi pertimbangan manajemen hingga disetujui oleh stake holder perusahaan. Implementasi ODOO ERP di PT Berdikari (Persero) memberikan dampak positif terhadap kegiatan bisnis perusahaan. Dampak nya bisa dilihat dari efektivitas dan efisiensi yang dirasakan langsung oleh departemen akuntansi. Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, ODOO, ERP, IFRS, PSAK, BUMN

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Unggul Purwohedi, M.Si, Ph.D Pembimbing 2 : Dwi Handarini, S.Pd., M.Ak.
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 22 Oct 2022 07:56
Last Modified: 22 Oct 2022 07:56
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10988

Actions (login required)

View Item View Item