RELATIVE VALUATION DALAM MENGANALISIS NILAI INTRINSIK SAHAM BANK BUMN

PERTIWI, DHEA NABILLA CAHYA (2022) RELATIVE VALUATION DALAM MENGANALISIS NILAI INTRINSIK SAHAM BANK BUMN. D3 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table_of_content.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
Chapter3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)
[img]
Preview
Text
Chapter4.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliography.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

DHEA NABILLA CAHYA PERTIWI. 2022. 1704517011. Relative Valuation Dalam Menganalisis Nilai Intrinsik Saham Bank BUMN. Program Studi DIII Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. Karya ilmiah ini bertujuan untuk memperoleh hasil analisis dan rekomendasi keputusan investasi atas perbandingan nilai intrinsik dan harga pasar saham pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk.; PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk.; PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk.; dan PT Bank Mandiri (Persero), Tbk., berdasarkan hasil valuasi saham pendekatan relative valuation melalui metode Price Earning Ratio (PER) dan Price to Book Value (PBV). Metode yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah analisis deskriptif kuantitatif, dengan berdasarkan data laporan keuangan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk.; PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk.; PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk.; dan PT Bank Mandiri (Persero), Tbk., tahun 2015 – 2020 yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian yang telah dilakukan berdasarkan pendekatan relative valuation melalui metode Price Earning Ratio (PER) menunjukkan bahwa nilai intrinsik saham berfluktuasi untuk keempat Bank BUMN. Sedangkan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan metode Price to Book Value (PBV) menunjukkan bahwa nilai intrinsik saham relatif lebih stabil, namun masih tetap berubah-ubah untuk tahun tertentu. Metode PER dan PBV dalam pendekatan relative valuation nilai intrinsik saham Bank BUMN menghasilkan analisis kondisi dan keputusan investasi yang berbeda. Kedua nilai ini dapat digunakan bergantung pada cara pandang investor dan/ atau calon investor dalam pengambilan keputusan investasinya. Maka saran keputusan investasi yang tepat yaitu, membeli saham atau menahan untuk tidak menjual saham pada saat harga saham dalam kondisi undervalued, dan menahan untuk tidak membeli saham atau menjual saham pada saat saham dalam kondisi overvalued untuk memperoleh capital gain. Kata Kunci: Relative Valuation, Price Earning Ratio (PER), Price to Book Value (PBV), Nilai Intrinsik, Harga Saham, Undervalued, Overvalued, Keputusan Investasi.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 26 Oct 2022 07:26
Last Modified: 26 Oct 2022 07:26
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11010

Actions (login required)

View Item View Item