ANALISIS TINGKAT PROFITABILITAS PT PERUSAHAAN GAS NEGARA TBK SEBELUM DAN SESUDAH MENGAKUISISI PT PERTAMINA GAS

AMBENUR, PUTRA AGUSTRI (2022) ANALISIS TINGKAT PROFITABILITAS PT PERUSAHAAN GAS NEGARA TBK SEBELUM DAN SESUDAH MENGAKUISISI PT PERTAMINA GAS. D3 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table Of Content.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter 1.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
Chapter 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img]
Preview
Text
Chapter 4.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibiliography.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

PUTRA AGUSTRI AMBENUR. 2021. 1704518045. Analisis Tingkat Profitabilitas PT Perusahaan Gas Negara Tbk Sebelum dan Sesudah Mengakuisisi PT Pertamina Gas Beserta. Program Studi D3 Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. “Penelitian ini dilatar belakangi oleh program pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan perusahaan milik BUMN dengan melakukan pembentukan holding BUMN di Indonesia. Salah saktu sektor yang menjadi prioritas dalam pembentukan holding BUMN adalah sektor migas. Pemerintah memilih PT Pertamina selaku induk holding serta PT Perusahaan Gas Negara Tbk selaku subholding pada sektor migas. Kelanjutan dari proses holding tersebut adalah dilaksanakannya skema akuisisi PT Pertamina gas oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk pada tahun 2018. Hal ini dilakukan agar terciptanya efisiensi dalam investasi infrastruktur gas, terciptanya bisnis gas dari hulu ke hilir yang terintegrasi, peningkatan potensi sinergi yang maksimal serta membawa dampak positif pada kinerja keuangan PT Perusahaan Gas negara Tbk. Metode yang dilakukan pada penelitian ini merupakan metode analisis deskriptif. Data yang diambil ialah data sekunder berbentuk laporan keuangan PT Perusahaan Gas negara Tbk periode sebelum serta sesudah mengakuisisi PT Pertamina Gas (2017,2018,2019,2020). Hasil dari penelitian ini adalah tingkat profitabilitas PT Perusahaan Gas negara Tbk sebelum dan sesudah mengakuisisi PT Pertamina gas mengalami fluktuasi. Hal tersebut disebabkan oleh bebeberapa faktor eksternal. Pada tahun 2018 dan 2019 PT Perusahaan Gas Negara Tbk mengalami sengketa pajak dan pada tahun 2020 terkena dampak dari pandemi covid-19 sehingga menyebabkan rasiorasio profitabilitas menurun.” Kata Kunci : Holding BUMN, Akuisisi, Profitabilitas.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 01 Nov 2022 08:03
Last Modified: 01 Nov 2022 08:03
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11021

Actions (login required)

View Item View Item