Hamida, Hamida (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XII SMKN 3 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
|
Text
Cover - Kata Pengantar.pdf Download (836kB) | Preview |
|
|
Text
Table Of Content.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (524kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (598kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
Bibliography.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
Jurnal-Hamida(1709618012).pdf Download (194kB) | Preview |
Abstract
Hamida, 1709618012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMKN 3 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII SMKN 3 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Jakarta tahun 2022 untuk kelas XII OTKP sebanyak 33 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan desain The Matching Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 33 siswa. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil pretest dan posttest model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan pembelajaran kontekstual terdapat kenaikkan setelah adanya perlakuan. Hasil uji-t perhitungan menggunakan uji-t pada kelompok eksperimen 1 diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, data tersebut jika dilihat dari kriteria uji-t adalah 0,000 < 0,05, maka data pada kelompok eksperimen 1 PBL dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya hasil penelitian ini menujukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Uji-t pada kelompok eksperimen 2 diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,043, data tersebut jika dilihat dari kriteria ujit adalah 0,043 < 0,05, maka data pada kelompok eksperimen 2 Kontekstual dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya hasil penelitian ini menujukkan bahwa pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM Pembimbing 2 : Rizki Firdausi Rachmadania, SE., MSM |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 25 Mar 2023 03:52 |
Last Modified: | 25 Mar 2023 03:52 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11108 |
Actions (login required)
View Item |