PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XII SMKN 3 JAKARTA

Hamida, Hamida (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XII SMKN 3 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (836kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table Of Content.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (484kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (524kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliography.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal-Hamida(1709618012).pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Hamida, 1709618012. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMKN 3 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII SMKN 3 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Jakarta tahun 2022 untuk kelas XII OTKP sebanyak 33 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan desain The Matching Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari 33 siswa. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil pretest dan posttest model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dan pembelajaran kontekstual terdapat kenaikkan setelah adanya perlakuan. Hasil uji-t perhitungan menggunakan uji-t pada kelompok eksperimen 1 diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, data tersebut jika dilihat dari kriteria uji-t adalah 0,000 < 0,05, maka data pada kelompok eksperimen 1 PBL dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya hasil penelitian ini menujukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Uji-t pada kelompok eksperimen 2 diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,043, data tersebut jika dilihat dari kriteria ujit adalah 0,043 < 0,05, maka data pada kelompok eksperimen 2 Kontekstual dapat dinyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya hasil penelitian ini menujukkan bahwa pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Christian Wiradendi Wolor, SE., MM Pembimbing 2 : Rizki Firdausi Rachmadania, SE., MSM
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 25 Mar 2023 03:52
Last Modified: 25 Mar 2023 03:52
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11108

Actions (login required)

View Item View Item