PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI JAKARTA UTARA)

Umami, Efin Nadhiyatul (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI JAKARTA UTARA). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB) | Preview

Abstract

EFIN NADHIYATUL UMAMI, PENGARUH PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI EKSPERIMEN DI SMA NEGERI JAKARTA UTARA) Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui metode pembelajaran blended learning dan strategi self regulated learning (SRL) siswa dalan tingkatan SMA pada mata pelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design factorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa pada SMA Negeri 52 Jakarta dan SMA Negri 83 Jakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4 pada masing-masing sekolah, dimana kelas XI IPS 3 digunakan sebagai kelas kontrol (konvensional) dan XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen (treatment). Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test, post-test, dan kuesioner. Hasil analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur, menghasilan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas konvensional dan kelas blended learning, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara tingkat SRL rendah dan tinggi, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas konvensional dan kelas blended learning pada siswa SRL tinggi, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelas konvensional dan kelas blended learning pada siswa SRL rendah, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dalam kelas konvensional antara siswa SRL tinggi dan rendah, serta terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis dalam kelas blended learning antara siswa SRL tinggi dan rendah Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis, Metode Blended Learning, Self Regulated Learning

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ibu Prof. Dr. Siti Nurjanah, SE., M.Si., Pembimbing 2 : Bapak Prof. Dr. Ari Saptono, SE., M.Pd.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 25 Mar 2023 05:11
Last Modified: 25 Mar 2023 05:11
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11115

Actions (login required)

View Item View Item