PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 59 JAKARTA DENGAN MEDIASI KEMANDIRIAN BELAJAR

RAHMAWATI, SUCI (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMAN 59 JAKARTA DENGAN MEDIASI KEMANDIRIAN BELAJAR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover Suci Rahmawati PE 1701617028.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi Suci Rahmawati PE 1701617028.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Suci Rahmawati PE 1701617028.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II Suci Rahmawati PE 1701617028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB III Suci Rahmawati PE 1701617028.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV Suci Rahmawati PE 1701617028.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V Suci Rahmawati PE 1701617028.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Suci Rahmawati PE 1701617028.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Suci Rahmawati. 1701617028, Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMAN 59 Jakarta dengan Mediasi Kemandirian Belajar, Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Motivasi Belajar, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMAN 59 Jakarta Dengan Mediasi Kemandirian Belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 59 Jakarta dan sampel yang diambil dari populasi adalah 89 siswa. Teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket yang disebarkan melalui google formulir kepada 89 siswa kelas XI IPS SMAN 59 Jakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer untuk variabel bebas (X) dan data sekunder untuk variabel terikat (Y). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. 2) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa. 3) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. 4) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar siswa. 5) Adanya pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap kemandirian belajar siswa. 6) Adanya pengaruh positif dan tidak signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa melalui kemandirian belajar. 7) Adanya pengaruh positif dan tidak signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa melalui kemandirian belajar. Kata Kunci: motivasi belajar, lingkungan keluarga, kemandirian belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ibu Prof. Dr. Rd. Tuty Sariwulan M.Si., Pembimbing 2 : Bapak Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., M.Pd.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:50
Last Modified: 28 Mar 2023 03:50
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11132

Actions (login required)

View Item View Item