PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, UKURAN PERUSAHAAN, PERSISTENSI LABA, DAN PROFITABILITAS TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI

RACHMAN, FARID SATRIA (2023) PENGARUH FINANCIAL DISTRESS, UKURAN PERUSAHAAN, PERSISTENSI LABA, DAN PROFITABILITAS TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (695kB)
[img] Text
02. DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
03. BAB 1.pdf

Download (554kB)
[img] Text
04. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)
[img] Text
05. BAB 3.pdf

Download (554kB)
[img] Text
06. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] Text
07. BAB 5.pdf

Download (441kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB)

Abstract

Farid Satria Rachman, Pengaruh Financial Distress, Ukuran Perusahaan, Persistensi Laba, dan Profitabilitas Terhadap Konservatisme Akuntansi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meneliti pengaruh dari financial distress, ukuran perusahaan, persistensi laba, dan profitabilitas terhadap penerapan konservatisme akuntansi. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah konservatisme akuntansi. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah financial distress, ukuran perusahaan, persistensi laba, dan profitabilitas yang dihitung menggunakan ROA. Unit analisis dan populasi yang terdapat pada penelitian ini adalah perusahaan sektor Consumer Non-Cyclical subsektor minuman dan makanan olahan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2017 – 2021. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sejumlah 76 data observasi dengan jenis data unbalanced data panel. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah secara parsial financial distress dan profitabilitas berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi. Sedangkan, ukuran perusahaan dan persistensi laba secara parsial tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Berdasarkan hasil tersebut perusahaan yang memiliki tingkat financial distress yang tinggi akan cenderung untuk melonggarkan penerapan konservatisme akuntansi karena financial distress yang tinggi merupakan suatu berita buruk bagi investor dan kreditur sehingga manajer akan berusaha untuk menutupi hal tersebut dengan melonggarkan tingkat konservatisme akuntansi. Perusahaan yang memiliki tingkat profitabilitas yang tinggi akan cenderung untuk melonggarkan penerapan konservatisme akuntansi untuk menjaga eksistensi perusahaan di mata publik. Perusahaan yang memiliki tingkat profitabilitas yang rendah akan cenderung untuk memperketat konservatisme akuntansi sebagai bahan evaluasi dari rendahnya profitabilitas perusahaan tersebut. Bagi para investor dan kreditur, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan untuk melakukan keputusan bisnis dengan suatu perusahaan. Bagi manajerial, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam menerapkan kebijakan konservatisme akuntansi. Kata Kunci: Konservatisme Akuntansi, Financial Distress, Ukuran Perusahaan, Persistensi Laba, Profitabilitas, ROA.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Adam Zakaria, M.Ak., Ph.D Pembimbing 2 : Dwi Handarini, S.Pd, M.Ak.
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 15 May 2023 03:29
Last Modified: 15 May 2023 03:29
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11250

Actions (login required)

View Item View Item