PERAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MEMODERASI PENGARUH SELF-EFFICACY DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA SMK

SAPUTRI, ANGGUN (2023) PERAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MEMODERASI PENGARUH SELF-EFFICACY DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI SISWA SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. Pdf Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Pdf Table_Of_Content.pdf

Download (670kB)
[img] Text
3. Pdf Chapter 1.pdf

Download (802kB)
[img] Text
4. Pdf Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] Text
5. Pdf Chapter 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Pdf Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7. Pdf Chapter 5.pdf

Download (668kB)
[img] Text
8. Pdf Bibliography.pdf

Download (899kB)

Abstract

ANGGUN SAPUTRI, Peran Motivasi Belajar Dalam Memoderasi Pengaruh Self-Efficacy dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Siswa SMK. Skripsi, Jakarta: Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis peran motivasi belajar dalam memoderasi pengaruh self-efficacy dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Populasi terjangkau dalam penelitian ini berjumlah 142 siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 50 & 46 Jakarta, dengan sampel penelitian sebanyak 105 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS v.25 dengan model Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Namun, self-efficacy tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Sehingga, motivasi belajar tidak dapat memoderasi pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Namun, motivasi belajar memoderasi pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar komputer akuntansi. Dengan demikian, peran motivasi belajar dalam memoderasi pengaruh self-efficacy dan kemandirian belajar dapat menjadi pertimbangan bagi guru untuk mengembangkan hasil belajar siswa pada pembelajaran komputer akuntansi. Kata Kunci: Self-Efficacy, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Mardi, M.Si Pembimbing 2 : Indah Muliasari, S.E.Ak., M.Ak.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 25 Oct 2023 03:04
Last Modified: 25 Oct 2023 03:04
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11347

Actions (login required)

View Item View Item