PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X DI SMK NEGERI JAKARTA TIMUR

ALFI, ANIS (2023) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X DI SMK NEGERI JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (745kB)
[img] Text
2. Table_Of_Content (Daftar Isi).pdf

Download (220kB)
[img] Text
3. Chapter 1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
4. Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
5. Chapter 3.pdf

Download (558kB)
[img] Text
6. Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (760kB)
[img] Text
7. Chapter 5.pdf

Download (176kB)
[img] Text
8. Bibliography.pdf

Download (318kB)

Abstract

ANIS ALFI. Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X di SMK Negeri Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya, dan minat belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dasar kelas X program keahlian akuntansi dan keuangan lembaga di SMK Negeri Jakarta Timur. Populasi terjangkau dari penelitian ini sebanyak 177 siswa yang terdiri dari siswa kelas X SMK Negeri 40 Jakarta, SMK Negeri 46 Jakarta, SMK Negeri 50 Jakarta. Sampel penelitian ini sebanyak 122 siswa. Jumlah sampel dipilih berdasarkan rumus Isaac and Michael, dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik proportional random sampling. Metode pengambilan data dengan menggunakan metode kuesioner untuk variabel independen, sedangkan variabel dependen menggunakan data sekunder berupa nilai PAS Ganjil. Teknik analisis data yang digunakan adalah persamaan regresi berganda, uji persyaratan data analisis, uji asumsi klasik, uji kelayakan model, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar, dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar. Koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 23,8%. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Lingkungan Teman Sebaya, Minat Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Unggul Purwohedi, M.Si., Ph.D. Pembimbing 2 : Dwi Kismayanti Respati, S.Pd., M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 28 Oct 2023 03:47
Last Modified: 28 Oct 2023 03:47
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11364

Actions (login required)

View Item View Item