PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN MANAJEMEN PERKANTORAN SMKN 12 JAKARTA

Bilqis, Aldina (2023) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN MANAJEMEN PERKANTORAN SMKN 12 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (947kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB 3 (2).pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (237kB)

Abstract

Aldina Bilqis, 1709619011, Pengaruh Penggunaan Gadget dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Manajemen Perkantoran SMKN 12 Jakarta. Skripsi Jakarta: Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Agustus 2023. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung antara penggunaan gadget (X1) dan dukungan sosial teman sebaya (X2) terhadap minat belajar (Y) siswa kompetensi keahlian Manajemen Perkantoran SMKN 12 Jakarta baik secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei serta teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan ukuran skala likert. Teknik analisis data melalui analisis regresi linear berganda. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu propotional random sampling dengan acuan tabel penentu jumlah sampel oleh Isaac dan Michael yaitu penentuan sampel dengan tingkat kesalahan 5% maka dihasilkan sampel sejumlah 108 siswa. Hasil perhitungan analisis regresi linear berganda didapatkan Y = 20.351 + 0,100X1 + 0,102X2 + 0.689. Pengujian koefisien regresi simultan (uji F) didapatkan hasil F hitung 57.911 > F tabel 3.08 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian untuk hasil uji koefisien regresi parsial (uji T) pada variabel X1 didapatkan hasil T hitung 4.593 > T tabel 1.98282 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; variabel X2 didapatkan hasil T hitung 3.667 > T tabel 1.98282 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil pengujian simultan dan parsial tersebut, variabel penggunaan gadget (X1) dan dukungan sosial teman sebaya (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar (Y). Variabel independen penggunaan gadget (X1) dan dukungan sosial teman sebaya (X2) dapat menjelaskan variabel dependen minat belajar (Y) sebesar 52.5% sedangkan sisanya 47.5% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini. Kata Kunci: minat belajar, penggunaan gadget, dukungan sosial teman sebaya

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Roni Faslah, S.Pd, M.M Pembimbing 2 : Maulana Amirul Adha S.Pd M.Pd,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 19 Dec 2023 03:24
Last Modified: 19 Dec 2023 03:24
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11408

Actions (login required)

View Item View Item