ANALISIS KUALITATIF PERFORMA AUDIT TRANSFER PRICING DI INDONESIA: STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN PAJAK 2019-2021

ZULFIQAR, FAISAL LABIB (2023) ANALISIS KUALITATIF PERFORMA AUDIT TRANSFER PRICING DI INDONESIA: STUDI KASUS PUTUSAN PENGADILAN PAJAK 2019-2021. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (406kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB)

Abstract

Faisal Labib Zulfiqar, 2023: Analisis Kualitatif Performa Audit Transfer Pricing Di Indonesia: Studi Kasus Putusan Pengadilan Pajak 2019-2021. Kompleksitas dan tingginya volume transaksi dalam suatu grup perusahaan multinasional (multinational enterprises) membuat otoritas pajak memberikan perhatian khusus mengingat skema transfer pricing di dalam grup MNE diidentifikasi memiliki risiko penghindaran pajak yang besar. Namun, dengan banyaknya hasil pemeriksaan pajak yang digugat dan diajukan ke pengadilan banding oleh wajib pajak, kualitas pelaksanaan pemeriksaan oleh pemeriksa pajak dipertanyakan, termasuk pemeriksaan transfer pricing. Mengingat semakin besarnya porsi skema transfer pricing di Indonesia, maka penelitian ini mencoba menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya sengketa transfer pricing di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan penalaran induktif melalui studi dokumentasi dan literatur. Temuan menunjukkan tujuh bidang perselisihan: item terkait pendapatan kotor, biaya pembelian, layanan intra-grup, royalti, dividen, beban bunga, dan pendapatan bunga. Selanjutnya disimpulkan bahwa dokumentasi, data pembanding, dan metode komparatif merupakan tiga isu utama dalam sengketa transfer pricing. Pada akhirnya, hal tersebut menunjukkan bahwa putusan pengadilan pajak didominasi oleh putusan yang memihak kepada wajib pajak. Kata kunci: Transfer Pricing, Pemeriksaan Pajak, Sengketa Pajak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:43
Last Modified: 28 Dec 2023 06:43
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11418

Actions (login required)

View Item View Item