PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN DASAR MANAJEMEN KELAS X MANAJEMEN PERKANTORAN DI SMKN 9 JAKARTA

Kirana, Fanisa Cindy (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN DASAR MANAJEMEN KELAS X MANAJEMEN PERKANTORAN DI SMKN 9 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (493kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (266kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi yang begitu pesat diikuti dengan perkembangan media pembelajaran berbasis elektronik, untuk itu dalam mengikuti perkembangan ini guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam membuat media pembelajaran agar tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran dengan berbasis website google sites pada mata pelajaran dasar manajemen, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis google sites pada mata pelajaran dasar manajemen kelas X manajemen perkantoran di SMKN 9 Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (RnD) dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertempat di SMK Negeri 9 Jakarta yang dilakukan pada bulan Oktober 2022 sampai dengan Maret 2023. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X Manajemen Perkantoran dengan jumlah 68 orang. Ukuran sampel pada penelitian ini 10 peserta didik yang ditentukan dengan metode random/ acak. Teknik pengumpulan data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Kelayakan media pembelajaran dinilai oleh ahli media, ahli materi dan peserta didik. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil: (1) media pembelajaran berbasis web google sites pada mata pelajaran dasar manajemen telah berhasil dikembangkan dengan alamat https://s.id/dasmen9. (2) berdasarkan hasil validasi ahli diketahui bahwa media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran dasar manajemen kelas X manajemen perkantoran di SMKN 9 Jakarta sangat layak untuk digunakan dengan hasil rerata skor validasi ahli media 86,55% dengan kategori “sangat layak” sebagai media pembelajaran. Rerata skor validasi ahli materi 89% dengan kategori “sangat layak”. Pada uji coba kelompok kecil oleh peserta didik didapatkan skor 95,83% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan pada uji coba lapangan didapatkan skor 91,56% dengan kategori “sangat layak” sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: media pembelajaran, web, google sites, dasar manajemen, research and development (RnD)

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Roni Faslah, S.Pd., M.M Pembimbing 2 : Nadya Fadillah F, S.Pd., M.Pd,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 07 Mar 2024 06:59
Last Modified: 07 Mar 2024 06:59
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11554

Actions (login required)

View Item View Item