ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PADA APLIKASI OVO DAN DANA

RACHMAN, TUBAGUS MUHAMMAD GHIFARI (2024) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN PADA APLIKASI OVO DAN DANA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. Cover_Tubagus Muhammad Ghifari Rachman.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Table Of Content_Tubagus Muhammad Ghifari Rachman.pdf

Download (117kB)
[img] Text
3. Chapter 1_Tubagus Muhammad Ghifari Rachman.pdf

Download (454kB)
[img] Text
4. Chapter 2_Tubagus Muhammad Ghifari Rachman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text
5. Chapter 3_Tubagus Muhammad Ghifari Rachman.pdf

Download (160kB)
[img] Text
6. Chapter 4_Tubagus Muhammad Ghifari Rachman.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
7. Chapter 5_Tubagus Muhammad Ghifari Rachman.pdf

Download (148kB)
[img] Text
8. Bibliography_Tubagus Muhammad Ghifari Rachman.pdf

Download (132kB)
[img] Text
10. Jurnal Full_Tubagus Muhammad Ghifari Rachman .pdf

Download (203kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pelanggan pada aplikasi OVO dan DANA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan dengan tujuan untuk lebih memahami kepuasan pelanggan pengguna dompet digital. Subyek penelitian ini adalah dua aplikasi dompet digital yang ada di Indonesia yaitu OVO dan DANA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Menurut Kriyantono (2020) studi kasus adalah metode penelitian yang menggunakan sumber daya yang banyak (data sebanyak-banyaknya) untuk menyelidiki, menganalisis, dan menjelaskan secara komprehensif berbagai aspek seperti individu, kelompok, program, organisasi atau peristiwa dengan pendekatan yang sistematis. . Sumber data pada penelitian ini adalah sumber primer. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberme. Kegiatan yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis penelitian, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Kesesuaian harapan pada Aplikasi OVO dan DANA sangat baik. Fitur-fitur yang terdapat pada OVO dan DANA dapat mencakup banyak hal sehingga sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari. OVO dan DANA juga sangat membantu kehidupan sehari-hari sehingga menjadi lebih mudah dan efisien. Minat membeli atau menggunakan kembali aplikasi OVO dan DANA sangat baik. Hasil kepuasan pelanggan pengguna Aplikasi OVO dan DANA sangat tinggi. Perbedaan juga tidak ditemukan dalam hal kesesuaian harapan, minat membeli atau menggunakan kembali serta kesediaan merekomendasikan kepada pengguna Aplikasi OVO dan DANA. OVO sedikit lebih unggul dibandingkan DANA karena OVO terhubung dengan Aplikasi Grab sehingga membuat OVO sedikit lebih berguna dibandingkan DANA. Selain itu, sedikitnya kasus ganjil di media sosial terkait OVO juga menjadi faktor OVO sedikit lebih unggul dibandingkan DANA. Kata Kunci : kepuasan pelanggan,ovo, dana, aplikasi

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Agung Kresnamurti Rivai P., ST, M.M. Pembimbing 2 : Andi Muhammad Sadat, SE.,M.Si., Ph.D
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 08 Mar 2024 05:25
Last Modified: 08 Mar 2024 05:25
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11564

Actions (login required)

View Item View Item