PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMK N 14 JAKARTA

SANDYANINGRUM, MEILENI (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMK N 14 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1.Meileni Sandyaningrum_Skripsi Cover.pdf

Download (419kB)
[img] Text
2.Meileni Sandyaningrum_Skripsi BAB 1.pdf

Download (205kB)
[img] Text
2.Meileni Sandyaningrum_Skripsi BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
2.Meileni Sandyaningrum_Skripsi BAB 3.pdf

Download (331kB)
[img] Text
2.Meileni Sandyaningrum_Skripsi BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
2.Meileni Sandyaningrum_Skripsi BAB 5.pdf

Download (167kB)
[img] Text
4.Meileni Sandyaningrum_Skripsi bibliography doang.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Jurnal Meileni Sandyaningrum (2).pdf

Download (249kB)

Abstract

Meileni Sandyaningrum, 1709619041. Pengaruh Motivasi Belajar, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi pada Siswa SMK N 14 Jakarta Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMK N 14 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XII SMK N 14 Jakarta yang berjumlah 309 siswa. Jumlah sampel yang dipilih menggunakan teknik Proportional random sampling sebanyak 174 siswa. Model penelitian menggunakan model analisis jalur dan teknik analisis data menggunakan aplikasi SEM (Structural Equation Modeling) SmartPLS versi 4. Dari hasil penelitian diketahui bahwa motivasi dan lingkungan belajar teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, sedangkan status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap niat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dan secara simultan variabel motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, dan lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kata Kunci: motivasi belajar, status sosial ekonomi orang tua, lingkungan teman sebaya, minat melanjutkan pendidikan

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Corry Yohanna, MM Pembimbing 2 : Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:57
Last Modified: 19 Mar 2024 01:57
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11596

Actions (login required)

View Item View Item