PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN OTK SARANA DAN PRASARANA DI SMKN 40 JAKARTA

MUSHAN, PUPUT PUTRY EL (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN OTK SARANA DAN PRASARANA DI SMKN 40 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. Cover_Puput Putry El Mushan_1709619068_PAP 2019.pdf

Download (877kB)
[img] Text
2. Table_Of_Content_Puput Putry El Mushan_1709619068_PAP 2019.pdf

Download (197kB)
[img] Text
3. Chapter 1_Puput Putry El Mushan_1709619068_PAP 2019.pdf

Download (251kB)
[img] Text
4. Chapter 2_Puput Putry El Mushan_1709619068_PAP 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
5. Chapter 3_Puput Putry El Mushan_1709619068_PAP 2019.pdf

Download (278kB)
[img] Text
6. Chapter 4_Puput Putry El Mushan_1709619068_PAP 2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7. Chapter 5_Skripsi_Puput Putry El Mushan_1709619068_PAP 2019.pdf

Download (152kB)
[img] Text
8. Bibliography_Puput Putry El Mushan_1709619068_PAP 2019.pdf

Download (285kB)

Abstract

Puput Putry El Mushan, 1709619068. Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran OTK Sarana dan Prasarana di SMKN 40 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan pada pengembangan emodul berbasis canva pada mata pelajaran OTK Sarana dan Prasarana. Penelitian ini dilakukan di SMKN 40 Jakarta tahun 2023 pada kelas XI OTKP sebanyak 36 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini terdiri dari tiga validator (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media) dan 36 siswa kelas XI OTKP. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan angket dengan skala likert 1-5. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji validasi ahli dan uji praktikalitas. Uji validasi ahli dilakukan oleh ahli materi dengan persentase 91% yang dikategorikan sangat layak, ahli bahasa dengan persentase 98% yang dikategorikan sangat layak, dan ahli media dengan persentase 86 yang dikategorikan sangat layak. Pada uji praktikalitas yang dilakukan oleh 36 siswa kelas XI OTKP pada tahap one to one evaluation dengan persentase 91% yang dikategorikan sangat praktis, pada tahap uji coba kelompok kecil dengan persentase 90% yang dikategorikan sangat praktis, dan pada tahap uji coba kelompok besar dengan persentase 92% yang dikatergorikan sangat praktis. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa E-Modul Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran OTK Sarana dan Prasarana di SMKN 40 Jakarta dinyatakan sangat layak dan sangat praktis, serta dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: E-Modul, Canva, Sarana dan Prasarana

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Roni Faslah, S.Pd., M.M Pembimbing 2 : Marsofiyati, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education) > Institusi Pendidikan dan Aktivitasnya (Educational Institutions & Activities)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 06 May 2024 04:00
Last Modified: 06 May 2024 04:00
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11643

Actions (login required)

View Item View Item