PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, UKURAN PERUSAHAAN DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA SEKTOR KONSUMSI (BEI) TAHUN 2019-2022

ISNAWATI, MAULIDA (2023) PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, UKURAN PERUSAHAAN DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA PADA SEKTOR KONSUMSI (BEI) TAHUN 2019-2022. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover_Maulida Isnawati.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Table of Content_Maulida Isnawati.pdf

Download (985kB)
[img] Text
BAB 1_Maulida Isnawati.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2_Maulida Isnawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3_Maulida Isnawati.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4_Maulida Isnawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5_Maulida Isnawati.pdf

Download (824kB)
[img] Text
Bibliografi_Maulida Isnawati.pdf

Download (848kB)

Abstract

MAULIDA ISNAWATI. Pengaruh Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan dan Corporate Governance terhadap Manajemen Laba pada Sektor Konsumsi (BEI) Tahun 2019-2022. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2023 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah Asimetri Informasi, Ukuran Perusahaan dan Corporate Governance memiliki pengaruh terhadap Manajemen Laba. Populasi yang menjadi objek dari penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan dari sektor konsumen non-cyclicals yang terdapat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2019 – 2022. Pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan purposive sampling method, di mana dari sebanyak 98 perusahaan yang termasuk dalam populasi terdapat 65 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk dijadikan data pada penelitian ini. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Asimetri Informasi yang telah diukur menggunakan metode bid-ask spread menunjukkan pengaruh positif signifikan terhadap Manajemen Laba, (2) Ukuran Perusahaan yang telah diukur menggunakan logaritma total aset menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba, (3) Corporate Governance yang diukur menggunakan proksi proporsi dewan komisaris independen menunjukkan pengaruh negatif signifikan terhadap Manajemen Laba. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah menggunakan metode pengukuran yang berbeda serta objek penelitian yang berbeda. Kata Kunci: Asimetri informasi, Ukuran Perusahaan, Corporate Governance, Manajemen Laba.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui,SE.,M.Si.,Ak.,CA, Pembimbing 2 : Dr. Mardi, M.Si,
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 27 May 2024 03:29
Last Modified: 27 May 2024 03:29
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11683

Actions (login required)

View Item View Item