ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN KONTIRBUSINYA BAGI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PADA PEMERINTAH KOTA TANGERANG

Agustin, Stevani (2023) ANALISIS KINERJA KEUANGAN DAN KONTIRBUSINYA BAGI KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PADA PEMERINTAH KOTA TANGERANG. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Table of Content.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (474kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (506kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Bibiliography.pdf

Download (329kB)

Abstract

Stevani Agustin. Analisis Kinerja Keuangan dan Kontribusinya Bagi Kesejahteraan Masyarakat pada Pemerintah Kota Tangerang. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan yang diukur menggunakan rasio keuangan daerah dan menganalisis bagaimana kontribusi kinerja keuangan bagi kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menjadikan Pemerintah Kota Tangerang sebagai objek penelitian. Dalam teknik pengumpulan datanya, penelitian ini menggunakan data sekunder, yaitu LKPD Pemerintah Kota Tangerang tahun 2018-2022 dengan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan Pemkot Tangerang dinilai baik yang ditunjukkan oleh rasio kemandirian yang tergolong tinggi karena perolehan realisasi PAD yang tinggi, rasio desentralisasi yang baik karena senantiasa mengoptimalkan potensi daerahnya, rasio efektivitas yang tergolong sangat efektif karena realisasi penerimaan PAD yang selalu melebihi target/anggaran yang ditetapkan. Namun, rasio efisiensi PAD tergolong cukup efisien karena masih besarnya biaya yang dikeluarkan dalam memungut PAD dan rasio pertumbuhan yang berfluktuatif dikarenakan terjadinya penurunan pada tahun 2020 atas dampak dari pandemi COVID-19. Adapun kontribusinya bagi kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kota Tangerang mengalokasikan belanja khususnya pada empat indikator/aspek (aspek pendidikan, aspek kesehatan, aspek sosial, dan aspek tenaga kerja) yang selalu meningkat. Alokasi tersebut disalurkan dalam bentuk penyelenggaraan program maupun kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya ialah peneliti diharapkan dapat menggunakan data primer seperti mewawancarai masyarakat/pimpinan pemerintah kota terkait kinerja keuangan dan kontribusinya bagi kesejahteraan masyarakat. Kata Kunci: kinerja keuangan, rasio keuangan daerah, kontribusi pemerintah daerah, kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Diah Armeliza, SE., M.Ak., CA., Pembimbing 2 : Hafifah Nasution, S.E., M.S.Ak.,
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Akuntansi (Accounting)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Akuntansi Sektor Publik
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:44
Last Modified: 05 Jul 2024 02:44
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11793

Actions (login required)

View Item View Item