ANALISIS TINGKAT KEPUASAN GENERASI MUDA PADA APLIKASI MAXIM DI JAKARTA DENGAN PENDEKATAN EUCS

AMALIA, DISTA (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN GENERASI MUDA PADA APLIKASI MAXIM DI JAKARTA DENGAN PENDEKATAN EUCS. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
PDF Cover (Cover Indo&Inggris_ Abstrak Indo&Inggris_ Lembar Pengesahan_ Lembar Orisinalitas_ Kata Pengantar).pdf

Download (2MB)
[img] Text
PDF Daftar Isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PDF Bab 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PDF Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PDF Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PDF Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PDF Bab 5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PDF Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pengguna dapat berdampak pada penggunaan kembali dan membuat pengguna menjadi loyal. Jika pengguna merasa tidak puas maka akan berpotensi membuat pengguna beralih ke kompetitor lain karena pengalaman buruk yang mereka rasakan. Hal ini dapat berdampak pada keberlangsungan perusahaan di masa depan, khususnya pada perusahaan transportasi online Maxim. Oleh karenanya, penting bagi perusahaan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna agar dapat melakukan perbaikan pada aspek-aspek tertentu, serta dapat mencapai kepuasan pengguna yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna generasi muda pada aplikasi Maxim di Jakarta menggunakan pendekatan End User Computing Satisfaction (EUCS). Pendekatan EUCS digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna akhir dari sistem informasi aplikasi Maxim. Kuesioner online disebar melalui Google Form, dengan memperoleh data sebanyak 100 dari responden yang pernah menggunakan aplikasi Maxim di Jakarta. Data dianalisis menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Dari perhitungan CSI, didapati tingkat kepuasan pengguna generasi muda pada aplikasi Maxim di Jakarta memperoleh kriteria “Puas”. Selain itu, hasil dari IPA didapati bahwa aspek tampilan layar efektif saat digunakan dan mendapat pengemudi dengan cepat di aplikasi menjadi prioritas perbaikan Maxim. Menu aplikasi mudah dipahami, desain tampilan memudahkan pengguna, fitur aplikasi mudah digunakan dan menampilkan informasi terbaru di aplikasi, menjadi aspek yang harus dipertahankan karena pengguna menilai aspek tersebut penting dan memuaskan. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pengguna dengan mengidentifikasi bagian-bagian yang perlu diperbaiki agar dapat meningkatkan efektivitas dan kualitas pengalaman yang dirasakan pengguna saat menggunakan aplikasi Maxim. Kata Kunci: kepuasan pengguna, eucs, customer satisfaction index, transportasi online, maxim.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1: Ika Febrilia, S.E., M.M Pembimbing 2: Dewi Agustin Pratama Sari, S.E., M.S.M
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Pemasaran Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 26 Sep 2024 05:50
Last Modified: 26 Sep 2024 05:50
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/11937

Actions (login required)

View Item View Item