PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X DI SMK TUNAS PEMBANGUNAN

Puspitasari, Deasy Karissa (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X DI SMK TUNAS PEMBANGUNAN. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. TABLE OF CONTENT (DAFTAR ISI).pdf

Download (686kB)
[img] Text
3. CHAPTER 1 (BAB I).pdf

Download (823kB)
[img] Text
4. CHAPTER 2 (BAB II).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. CHAPTER 3 (BAB III).pdf

Download (451kB)
[img] Text
6. CHAPTER 4 (BAB IV).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
7. CHAPTER 5 (BAB V).pdf

Download (531kB)
[img] Text
8. BIBLIOGRAPHY (DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (661kB)
[img] Text
10. DEASY KARISSA_JURNAL FULL.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi saat ini semakin pesat dan tidak bisa lepas pengaruhnya dalam dunia pendidikan. Kemajuan yang terjadi menciptakan tantangan baru untuk para guru beradaptasi dengan situasi yang serba mudah, cepat dan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Canva dan menguji kelayakan media pembelajaran berbasis Canva pada mata pelajaran teknologi perkantoran kelas X di SMK Tunas Pembangunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (RnD) dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini bertempat di SMK Tunas Pembangunan yang dilakukan pada bulan Mei 2024 sampai Juli 2024. Teknik pengumpulan data yang dikumpulkan dengan angket/kuesioner. Kelayakan media pembelajaran dinilai oleh ahli media dan ahli materi. Analisis data yang dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penilaian oleh ahli media didapatkan skor persentase kelayakan dari aspek Usability adalah 82,75%, aspek Functionality 80% dan aspek Komunikasi Visual sebesar 75%, sehingga didapatkan rata-rata persentasi kelayakan yaitu 79,13%. Berdasarkan kategori kelayakan maka media pembelajaran Canva dalam penelitian ini berada dalam kriteria kelayakan “Layak”. Sedangkan hasil dari penilaian oleh ahli materi didapatkan skor persentase kelayakan dari aspek Desain Pembelajaran 100%, aspek Isi Materi (Content) 100% dan aspek Bahasa dan Komunikasi sebesar 85,71%, sehingga didapatkan rata-rata persentase kelayakan yaitu 96,19%. Berdasarkan katergori kelayakan maka media pembelajaran Canva dalam penelitian ini berada dalam kriteria kelayakan “Sangat Layak”. Kata K

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Roni Faslah, S.Pd., M.M Pembimbing 2 : Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 18 Oct 2024 02:56
Last Modified: 18 Oct 2024 02:56
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12118

Actions (login required)

View Item View Item