PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, POLA ASUH ORANG TUA, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI SMK NEGERI 46 JAKARTA

ANDHINI., NOVIA (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, POLA ASUH ORANG TUA, DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA JURUSAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI SMK NEGERI 46 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Skripsi_Novia Andhini_1701618019 _Cover.pdf

Download (675kB)
[img] Text
Skripsi_Novia Andhini_1701618019 _Table of content.pdf

Download (216kB)
[img] Text
Skripsi_Novia Andhini_1701618019 _BAB 1.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Skripsi_Novia Andhini_1701618019 _BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
Skripsi_Novia Andhini_1701618019 _BAB 3.pdf

Download (443kB)
[img] Text
Skripsi_Novia Andhini_1701618019 _BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] Text
Skripsi_Novia Andhini_1701618019 _BAB 5.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Skripsi_Novia Andhini_1701618019 _Daftar Pustaka.pdf

Download (316kB)

Abstract

NOVIA ANDHINI. Pengaruh Motivasi Belajar, Pola Asuh Orang Tua, dan Fasilitas Belajar terhadap Kemandirian Belajar Siswa Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 46 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belajar, pola asuh orang tua, dan fasilitas belajar berpengaruh pada kemandirian belajar siswa Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 46 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi terjangkau dari penelitian ini sebanyak 212 siswa yang terdiri dari siswa-siswi kelas X, XI, dan XII jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 46 Jakarta. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 140 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner sebagai data primer. Uji prasyaratan analisis menyatakan data berdistribusi normal dan linier dengan persamaan regresi berganda Y = -13,790+0,628X1+0,340X2+0,317X. Berdasarkan analisis data dengan uji t, variabel motivasi belajar memperolah nilai thitung (5,935) > ttabel (1,656) sehingga H1 diterima. Variabel pola asuh orang tua memperolah nilai thitung (4,248) > ttabel (1,656) sehingga H2 diterima. Variabel fasilitas belajar memperolah nilai thitung (4,799) > ttabel (1,656) sehingga H3 diterima. Berdasarkan uji F, diperoleh nilai Fhitung (75,928) > Ftabel (3,06) sehingga H4 diterima dengan koefisien determinasi sebesar 0,626 atau 62,6%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (i) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap kemandirian belajar, (ii) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar, (iii) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar, dan (iv) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara motivasi belajar, pola asuh orang tua, dan fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar. Kata kunci: motivasi belajar, pola asuh orang tua, fasilitas belajar, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. I Gusti Ketut Agung Ulupui, SE, M.Si, AK, CA. Pembimbing 2 : Prof. Dr. Mardi, M.Si.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 21 Oct 2024 06:50
Last Modified: 21 Oct 2024 06:50
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12159

Actions (login required)

View Item View Item