PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN REKSADANA PADA GENERASI Z YANG DIMEDIASI OLEH FEAR OF MISSING OUT (FOMO)

NORJANAH, NIKA FITRI (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN REKSADANA PADA GENERASI Z YANG DIMEDIASI OLEH FEAR OF MISSING OUT (FOMO). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Coverr.pdf

Download (999kB)
[img] Text
BAB 1_Nika Fitri Norjanah.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB 2_Nika Fitri Norjanah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
BAB 3_Nika Fitri Norjanah.pdf

Download (450kB)
[img] Text
BAB 4_Nika Fitri Norjanah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img] Text
BAB 5_Nika Fitri Norjanah.pdf

Download (742kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Nika Fitri Norjanah.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Jurnal LANCAH_Nika.pdf

Download (913kB)

Abstract

NIKA FITRI NORJANAH. Pengaruh Social Media Influencer dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Reksadana pada Generasi Z Yang Di Mediasi Oleh FOMO. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2024. Banyak anak muda zaman sekarang atau yang biasa disebut generasi Z, yang akrab dengan internet dan terpengaruh gaya hidup mewah di media sosial, tertipu investasi bodong. Mereka tergoda dengan janji kaya cepat, tanpa memikirkan risikonya. Hal ini diperparah dengan kurangnya informasi tentang investasi reksadana, sehingga mereka mudah terbujuk oleh tawaran yang menjanjikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas informasi dan social media influencer dengan keputusan pembelian reksadana yang terjadi pada generasi Z. Subjek penelitian berjumlah 180 responden pengguna reksadana di Jabodetabek dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa variabel social media influencer memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, variabel kualitas informasi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, variabel social media influencer memiliki pengaruh terhadap Fear of Missing Out (FOMO), variabel kualitas informasi memiliki pengaruh terhadap Fear of Missing Out (FOMO), variabel Fear of Missing Out (FOMO) memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian, variabel social media influencer berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui mediasi Fear of Missing Out (FOMO) dan variabel kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui mediasi Fear of Missing Out (FOMO). Kata Kunci: Reksadana, social media influencer, kualitas informasi, keputusan pembelian, FOMO

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Osly Usman, M.Bus Pembimbing 2 : Muhammad Fawaiq, M.Ec.Dev
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 25 Oct 2024 03:06
Last Modified: 25 Oct 2024 03:06
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12176

Actions (login required)

View Item View Item