PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK NEGERI 3 JAKARTA

ALAMSYAH, AMALIA PUTRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK NEGERI 3 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
Cover_Amalia Putri Alamsyah.pdf

Download (967kB)
[img] Text
BAB I_Amalia Putri Alamsyah.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB II_Amalia Putri Alamsyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
BAB III_Amalia Putri Alamsyah.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV_Amalia Putri Alamsyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BAB V_Amalia Putri Alamsyah.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Amalia Putri Alamsyah.pdf

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas XI Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) pada mata pelajaran Konsentrasi Manajemen Perkantoran 1 di SMK Negeri 3 Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yaitu kuasi eksperimen. Populasi adalah siswa kelas XI MPLB SMK Negeri 3 Jakarta, berjumlah 71 orang yang terbagi dalam dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ditentukan dengan teknik sampling jenuh yang merupakan kategori dari teknik sampling non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI MPLB pada mata pelajaran Konsentrasi Manajemen Perkantoran 1 di SMK Negeri 3 Jakarta. Hasil perhitungan uji normalitas mempunyai Sig. > 0.05, sehingga dinyatakan kedua kelompok data berdistribusi normal. Pengujian homogenitas menggunakan Uji Levene didapatkan nilai Sig. yaitu 0.055, dikatakan bahwa data berdistribusi homogen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji sampel independent t menunjukkan bahwa hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,009 < 0,05 dan t hitung yaitu 2,701 > 1,995, yang menyatakan bahwa Ha diterima. Perhitungan posttest menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TGT memperoleh nilai rata-rata 80,08, lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional sebesar 75,51. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Puji Wahono, S.E., M.Si., Pembimbing 2 : Rizki Firdausi Rachmadania, SE., M.SM.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 31 Oct 2024 03:36
Last Modified: 31 Oct 2024 03:36
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12228

Actions (login required)

View Item View Item