PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X SMK SATYA BHAKTI 2 JAKARTA

KETUT SAPTA NINGRUM, NI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X SMK SATYA BHAKTI 2 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER_NI KETUT SAPTA NINGRUM.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI_NI KETUT SAPTA NINGRUM.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB I_ NI KETUT SAPTA NINGRUM.pdf

Download (293kB)
[img] Text
BAB II_NI KETUT SAPTA NINGRUM-halaman-dihapus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] Text
BAB III_NI KETUT SAPTA NINGRUM-halaman-dihapus.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB IV_NI KETUT SAPTA NINGRUM-halaman-dihapus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_NI KETUT SAPTA NINGRUM-halaman-dihapus.pdf

Download (312kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_NI KETUT SAPTA NINGRUM-halaman-dihapus.pdf

Download (316kB)
[img] Text
LoA JSA -Jurnal_ Ni Ketut Sapta Ningrum.pdf

Download (159kB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat dan mempengaruhi dunia pendidikan secara signifikan. Perubahan ini menimbulkan tantangan baru bagi guru untuk beradaptasi dengan lingkungan yang semakin cepat, praktis, dan digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengevaluasi media pembelajaran video animasi berbasis Powtoon mata pelajaran Teknologi Perkantoran di kelas X SMK Satya Bhakti 2 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilaksanakan di SMK Satya Bhakti 2 Jakarta di Mei 2024. Data dikumpulkan melalui angket atau kuesioner, dan penilaian kelayakan media dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk menilai efektivitas dan kelayakan media pembelajaran tersebut. Hasil dari penilaian ahli media didapatkan skor persentase kelayakan dari aspek Usability sebesar 92,5%, aspek Functionality sebesar 94,28%, dan aspek Komunikasi Visual sebesar 90%, sehingga didapatkan rata – rata persentase kelayakan yaitu 92,17%. Berdasarkan kategori kelayakan pada tabel maka media pembelajaran Powtoon dalam penelitian ini berada dalam kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan hasil penelitian ahli materi menunjukkan bahwa persentase kelayakan untuk aspek Desain Pembelajaran adalah 100%, untuk aspek Isi Materi (Content) juga 100%, dan untuk aspek Bahasa dan Komunikasi sebesar 88,57%. Rata-rata persentase kelayakan keseluruhan adalah 96,19%. Berdasarkan kategori kelayakan dalam tabel, media pembelajaran Powtoon dalam penelitian ini termasuk dalam kriteria "Sangat Layak". Kata Kunci: Media Pembelajaran, Powtoon, Research and Development (RnD)

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Roni Faslah, S.Pd, MM Pembimbing 2 : Darma Rika Swaramarinda, M.SE, Ph.D
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Teknologi Pendidikan (Education of Technologi and Applied)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 13 Nov 2024 06:17
Last Modified: 13 Nov 2024 06:17
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12279

Actions (login required)

View Item View Item