IHSAN, MUHAMMAD BACHRYAN (2025) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (924kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (562kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (605kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (988kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (361kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (379kB) |
![]() |
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf Download (465kB) |
Abstract
MUHAMMAD BACHRYAN IHSAN. Pengaruh Penggunaan Gadget dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi Konsentrasi Pendidikan Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Jakarta. 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan gadget dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar komputer akuntansi siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri di Jakarta Timur serta bagaimana motivasi belajar dapat berlaku sebagai moderator dalam hubungan tersebut. Metode penelitian yang diberlakukan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi terjangkau pada penelitian ini merupakan siswa dan siswi kelas XI Akuntansi dari SMKN 46, SMKN 48, dan SMKN 50 Jakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 140 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi moderasi. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa penggunaan gadget berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap hasil belajar. Sedangkan perhatian orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Dalam menggunakan variabel moderasi terlihat motivasi belajar memoderasi secara positif pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar. Sedangkan motivasi belajar tidak memoderasi pengaruh antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar. Dengan demikian siswa dapat mempertimbangkan penggunaan gadget dan orang tua dapat memberikan perhatian yang lebih kepada siswa agar hasil belajar yang dicapai baik serta siswa dapat meningkatkan motivasi belajar agar tidak kecanduan dalam penggunaan gadget. Kata kunci: penggunaan gadget, perhatian orang tua, hasil belajar, motivasi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Ati sumiati, SPd, MM Pembimbing 2 : Prof. Dr Mardi, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 14 May 2025 02:35 |
Last Modified: | 14 May 2025 02:35 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12556 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |