PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH DALAM MENGGUNAKAN LIVIN BY MANDIRI

SIMANGUNSONG, DIVANA PUTRI TIVA ALOVIANI (2025) PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH DALAM MENGGUNAKAN LIVIN BY MANDIRI. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (742kB)
[img] Text
02. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (742kB)
[img] Text
03. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh e-service quality dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah dalam penggunaan aplikasi Livin's by Mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna merasa aplikasi ini memenuhi kebutuhan mereka, dengan skor mean 4,280 untuk ketertarikan menggunakan aplikasi lain. Analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) menunjukkan validitas dan reliabilitas model yang baik, serta pengaruh positif dan signifikan dari e-service quality dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah, dengan R-Square sebesar 55,7%. Profil responden mayoritas adalah perempuan berusia 17-25 tahun, yang menunjukkan keterbukaan terhadap inovasi digital. Temuan ini menyoroti pentingnya kualitas layanan digital dalam mempertahankan loyalitas nasabah, terutama di kalangan generasi muda yang menginginkan layanan yang efisien dan modern. Meskipun terdapat beberapa keluhan terkait gangguan teknis, mayoritas responden menunjukkan loyalitas yang tinggi terhadap aplikasi. Penelitian ini memberikan wawasan teoritis dan praktis bagi peneliti dan perusahaan dalam memahami hubungan antara kualitas layanan digital, kepuasan, dan loyalitas nasabah, serta merekomendasikan penggunaan teknik sampling yang lebih representatif untuk penelitian selanjutnya. Kata Kunci: E-service quality, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah, dan Livin's by Mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus Pembimbing 2 : Dr. Ayatulloh Michael Musyaffi, SE.,Ak.,M.Ak.
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:13
Last Modified: 03 Jun 2025 03:13
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12595

Actions (login required)

View Item View Item