PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SISWA KELAS XI DI SMKN 50 JAKARTA

Suciviana, Desvika (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SISWA KELAS XI DI SMKN 50 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
1. PDF Cover_Desvika Suciviana_1709619062.pdf

Download (918kB)
[img] Text
2. Pdf Table_Of_Content_Desvika Suciviana_1709619062.pdf

Download (467kB)
[img] Text
3. Pdf Chapter 1_Desvika Suciviana_1709619062.pdf

Download (508kB)
[img] Text
4. Pdf Chapter 2_Desvika Suciviana_1709619062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
5. Pdf Chapter 3_Desvika Suciviana_1709619062.pdf

Download (767kB)
[img] Text
6. Pdf Chapter 4_Desvika Suciviana_1709619062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
7. Pdf Chapter 5_Desvika Suciviana_1709619062.pdf

Download (420kB)
[img] Text
8. Pdf Bibliography_Desvika Suciviana_1709619062.pdf

Download (436kB)
[img] Text
10. Jurnal Full_Desvika Suciviana_1709619062.pdf

Download (1MB)

Abstract

Desvika Suciviana. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga terhadap Intensi Berwirausaha melalui Motivasi sebagai Variabel Intervening pada Siswa Kelas XI di SMKN 50 Jakarta. Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta, 2025. Tingkat intensi berwirausaha siswa SMK tergolong rendah karena siswa lebih memilih melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dan bekerja sesuai dengan jurusan yang dijalani. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung pendidikan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap intensi berwirausaha melalui motivasi sebagai variabel intervening pada siswa kelas XI di SMKN 50 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif melalui pengujian statistik SEMPLS dengan aplikasi SmartPLS. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 154. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan motivasi terhadap intensi berwirausaha dan pengaruh tidak langsung positif dan signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha melalui motivasi sebagai variabel intervening. Semakin tinggi pengaruh ketiga aspek tersebut, maka intensi berwirausaha siswa semakin meningkat. Oleh sebab itu, diharapkan sekolah dapat menyusun program pendidikan kewirausahaan yang menarik, sementara orang tua menciptakan lingkungan keluarga yang positif dan memotivasi siswa untuk mendalami kewirausahaan, sehingga dapat meningkatkan intensi berwirausaha siswa. Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Motivasi, Intensi Berwirausaha.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Pembimbing 2 :
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:36
Last Modified: 05 Aug 2025 01:36
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12691

Actions (login required)

View Item View Item