PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA JURUSAN MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS DI SMK NEGERI JAKARTA PUSAT

KHAMIDAH, RAHMA DWI (2025) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA JURUSAN MANAJEMEN PERKANTORAN DAN LAYANAN BISNIS DI SMK NEGERI JAKARTA PUSAT. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
COVER_RAHMA DWI KHAMIDAH.pdf

Download (797kB)
[img] Text
TABLE OF CONTENT_RAHMA DWI KHAMIDAH.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I_RAHMA DWI KHAMIDAH.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II_RAHMA DWI KHAMIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text
BAB III_RAHMA DWI KHAMIDAH.pdf

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV_RAHMA DWI KHAMIDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB V_RAHMA DWI KHAMIDAH.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_RAHMA DWI KHAMIDAH.pdf

Download (138kB)
[img] Text
JURNAL_RAHMA DWI KHAMIDAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

RAHMA DWI KHAMIDAH, 1709620082. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar pada Siswa Jurusan Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis di SMK Negeri Jakarta Pusat”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana motivasi belajar dan disiplin belajar berkontribusi terhadap prestasi belajar pada siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan sebanyak 144 siswa di SMK Negeri Jakarta Pusat, dengan jumlah sampel yang menggunakan sampel jenuh yaitu sebanyak 144 siswa. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dengan skala likert. Pengelolaan dan menganalisis data menggunakan bantuan aplikasi program SPSS 26 dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, Uji T, Uji F, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) siswa karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian disiplin belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) siswa karena memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian secara simultan motivasi belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (Y) siswa karena memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dari hasil analisis, diperoleh nilai R2 sebesar 0,575 atau prestasi belajar dapat dipengaruhi sebesar 57,5% oleh variabel motivasi belajar dan disiplin belajar. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ati Sumiati, S.Pd., M.M Pembimbing 2 : Suherdi, S.Pd., S.H., M.M
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 05 Aug 2025 06:51
Last Modified: 05 Aug 2025 06:51
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12709

Actions (login required)

View Item View Item