BAROKAH, VERA (2025) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN INTUISI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PELUANG USAHA MAHASISWA PROGRAM WIRA WIRI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
COVER - KATA PENGANTAR.pdf Download (884kB) |
![]() |
Text
TABLE OF CONTENT.pdf Download (433kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (534kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (666kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (407kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
JURNAL FINAL _ VERA BAROKAH.pdf Download (507kB) |
Abstract
VERA BAROKAH. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Intuisi Kewirausahaan Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Peluang Usaha Mahasiswa Program Wira Wiri Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Jakarta Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kewirausahaan dan intuisi kewirausahaan terhadap kemampuan mengidentifikasi peluang usaha, serta menguji peran intuisi kewirausahaan sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (SmartPLS 4.0). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 131 mahasiswa peserta program Wirausaha Merdeka (Wira-Wiri) di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang telah mengikuti kegiatan kewirausahaan secara formal. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) pendidikan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi peluang usaha, (2) pendidikan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap intuisi kewirausahaan, (3) intuisi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi peluang usaha, (4) intuisi kewirausahaan memediasi secara signifikan hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan kemampuan mengidentifikasi peluang usaha. Seluruh hipotesis dalam penelitian ini terbukti signifikan. Temuan ini mengindikasikan pentingnya integrasi antara pendekatan kognitif dan intuitif dalam pembelajaran kewirausahaan, guna meningkatkan kepekaan mahasiswa terhadap peluang bisnis yang ada di lingkungan sekitarnya. Kata kunci: pendidikan kewirausahaan, intuisi kewirausahaan, kemampuan mengidentifikasi peluang usaha.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Dr. Agus Wibowo, S.Pd.I., S.Pd., M.Pd, Pembimbing 2 : Riswandi, M.Pd.E |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 03:06 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 03:06 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |