ASHSIDIK, FAJAR (2025) PENGARUH ENVIRONMENTAL CONSCIOUSNESS, GREEN LIFESTYLE, INFLUENCER CREDIBILITY, DAN SOCIAL MEDIA ENGAGEMENT TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK SLOW FASHION DI APLIKASI TIKTOK PADA GENERASI Z. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (775kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (602kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
JURNAL.pdf Download (300kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran lingkungan, gaya hidup hijau, kredibilitas influencer, dan keterlibatan media sosial terhadap minat beli produk slow fashion. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Pengumpulan data pada penelitian ini lakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden yang didapatkan sebanyak 218 orang. Responden-responden tersebut merupakan Generasi Z yang berusia 17-28 tahun di wilayah Jabodetabek, pengguna media sosial Tiktok, dan dalam enam bulan terakhir pernah melihat konten slow fashion. Analisis data secara inferensial pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji kesesuaian model, dan uji hipotesis dengan software AMOS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran lingkungan dan keterlibatan media sosial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli produk slow fashion. Sementara itu gaya hidup hijau dan kredibilitas influencer tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli produk slow fashion. Kemudian kesadaran lingkungan dan keterlibatan media sosial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap gaya hidup hijau serta kredibilitas influencer memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keterlibatan media sosial. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis dalam pengembangan kajian perilaku konsumen khususnya dalam memahami bagaimana faktor internal (persepsi melalui kesadaran lingkungan dan gaya hidup melalui gaya hidup hijau) dan eksternal (kelompok referensi melalui kredibilitas influencer dan peran sosial melalui keterlibatan media sosial) memengaruhi minat beli. Penelitian ini juga memperkaya pendekatan teoritis dengan menggabungkan perspektif psikologis dan sosiologis dalam perilaku konsumen yang modern. Serta memberikan implikasi praktis yang dapat diterapkan sebagai sebuah strategi oleh usaha ataupun brand slow fashion khususnya dalam menjangkau Generasi Z sebagai target pasar. Kata Kunci : Kesadaran Lingkungan, Gaya Hidup Hijau, Kredibilitas Influencer, Keterlibatan Media Sosial, Minat Beli, Slow Fashion, Generasi Z.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Setyo Ferry Wibowo Pembimbing 2 : Andi Muhammad Sadat |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 03:07 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:07 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |