PUTRI, RIZKI AMALIA (2025) ANALISIS WORK-LIFE BALANCE PADA KARYAWAN NONMANAGERIAL DIVISI HUMAN CAPITAL & GENERAL AFFAIRS (HCGA) PT XYZ. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
![]() |
Text
PDFCover_Rizki Amalia Putri.pdf Download (509kB) |
![]() |
Text
PDF Daftar Isi_Rizki Amalia Putri.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
PDF BAB 1_Rizki Amalia Putri.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
PDF BAB 2_Rizki Amalia Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
![]() |
Text
PDF BAB 3_Rizki Amalia Putri.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text
PDF BAB 4_Rizki Amalia Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (531kB) |
![]() |
Text
PDF BAB 5_Rizki Amalia Putri.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
PDF Daftar Pustaka_Rizki Amalia Putri.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
PDF Jurnal Full_Rizki Amalia Putri.pdf Download (880kB) |
Abstract
RIZKI AMALIA PUTRI. 2025. 1703521015. Analisis Work-life Balance Pada Karyawan Non-Managerial Divisi Human Capital & General Affairs (HCGA) PT XYZ. Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Digital Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jakarta. Work-life balance merupakan suatu kondisi dimana individu mampu menjaga keseimbangan antara dunia kerja dan kehidupan pribadi secara berkelanjutan. Keseimbangan ini menjadi hal yang diharapkan oleh setiap karyawan, termasuk karyawan non-managerial divisi HCGA PT XYZ. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui ketercapaian work-life balance karyawan yang ditinjau dari tiga aspek, yaitu time balance, involvement balance, dan satisfaction balance. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat tercapainya work-life balance pada karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan dan menganalisis permasalahan yang muncul. Penelitian kualitatif didasarkan pada data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku – buku, penelitian terdahulu, dan artikel yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum sepenuhnya karyawan mampu mencapai work-life balance secara optimal. Sebagian karyawan, khususnya dari bagian rekrutmen dan general affairs, merasa bahwa mereka telah memiliki keseimbangan hidup yang baik berkat fleksibilitas kerja dan kemampuan manajemen waktu yang baik. Namun, karyawan dari bagian people development dan administrasi HCGA justru mengalami kesulitan akibat beban kerja berlebih, tugas tambahan di luar jobdesc, serta kurangnya manajemen tim dari atasan. Dukungan rekan kerja yang saling membantu dan menciptakan lingkungan kerja yang suportif menjadi salah satu faktor pendukung utama dalam mencapai worklife balance. Sebaliknya, tekanan pekerjaan di luar jam kerja dan komunikasi yang kurang efektif menjadi hambatan yang sering dihadapi. Penelitian ini hanya menggunakan satu variabel sehingga belum dapat menggambarkan secara menyeluruh keterkaitan dengan aspek lain seperti stres kerja atau kepuasan kerja. Oleh karena itu, penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi lebih banyak variabel agar dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai work-life balance di lingkungan kerja. Kata Kunci: divisi HCGA, dunia kerja, karyawan, kehidupan pribadi, keseimbangan, work-life balance
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Pembimbing 2 : |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Administrasi Negera dan Ilmu Kemiliteran (Public Administration & Military Science) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D4 Administrasi Perkantoran Digital |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 02:14 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 02:14 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12797 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |