ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KPU PROVINSI DKI JAKARTA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH TAHUN 2024

Nurcahyani, Sinta (2025) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KPU PROVINSI DKI JAKARTA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
PDF Cover.pdf

Download (983kB)
[img] Text
PDF Daftar Isi.pdf

Download (180kB)
[img] Text
PDF BAB I.pdf

Download (413kB)
[img] Text
PDF BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
PDF BAB III.pdf

Download (271kB)
[img] Text
PDF BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
PDF BAB V.pdf

Download (181kB)
[img] Text
PDF Daftar Pustaka.pdf

Download (337kB)
[img] Text
Jurnal Full.pdf

Download (486kB)

Abstract

Sinta Nurcahyani. 2025. 1703521002. Analisis Strategi Komunikasi Humas KPU Provinsi DKI Jakarta dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024. Program Studi D4 Administrasi Perkantoran Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh Humas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya tingkat partisipasi politik di kalangan pemilih pemula, meskipun mereka merupakan kelompok usia dengan jumlah yang cukup besar dalam daftar pemilih tetap. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, untuk memberikan gambaran secara menyeluruh mengenai strategi komunikasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih pemula. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua belas informan, dua informan merupakan pihak penyelenggara dan sepuluh informan merupakan pemilih pemula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh Humas KPU Provinsi DKI Jakarta meliputi kegiatan sosialisasi langsung seperti KPU Goes to School, Pemanfaatan media sosial (Instagram dan TikTok), serta kerja sama dengan institusi pendidikan. Meskipun strategi tersebut telah dilaksanakan dengan berbagai bentuk dan saluran komunikasi, hasilnya belum sepenuhnya mampu meningkatkan pemahaman dan partisipasi aktif pemilih pemula. Hal ini disebabkan oleh sejumlah hambatan, seperti rendahnya literasi politik, kurangnya daya tarik konten, serta masih adanya sikap apatis terhadap politik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dibutuhkan pendekatan komunikasi yang lebih inovatif, partisipatif, dan berbasis dialog dua arah untuk membangun kesadaran serta mendorong keterlibatan aktif pemilih pemula dalam proses demokrasi. Kata Kunci: Pemilih Pemula, Humas, Strategi Komunikasi

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Pembimbing 2 :
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Administrasi Negera dan Ilmu Kemiliteran (Public Administration & Military Science) > Administrasi Negara (Public Administration)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D4 Administrasi Perkantoran Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:33
Last Modified: 17 Sep 2025 02:33
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12798

Actions (login required)

View Item View Item