ANALISIS KAUSALITAS INTENTION TO USE SEABANK: PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED RISK, DAN TRUST

Aldrian, Aldrian (2025) ANALISIS KAUSALITAS INTENTION TO USE SEABANK: PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED RISK, DAN TRUST. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABLE OF CONTENT.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (407kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Aldrian: “Analisis Kausalitas Intention to Use Seabank: Perceived Usefulness, Perceived Risk, dan Trust”. Skripsi, Jakarta: Program Studi S1 Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta. Tim Pembimbing: Prof. Dr. Umi Widyastuti, S.E., M.E. dan Dr. Terrylina Arvinta Monoarfa, S.E., M.M. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai pengaruh perceived usefulness, perceived risk, dan trust terhadap intention to use aplikasi digital banking Seabank, dengan trust sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada individu yang berdomisili di wilayah Jabodetabek, berusia minimal 17 tahun, dan memiliki ketertarikan untuk menggunakan aplikasi Seabank. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling. Jumlah responden yang dianalisis sebanyak 110 orang. Pengolahan data dilakukan menggunakan software SmartPLS versi 4.1.0.9. Teknik analisis yang digunakan meliputi pengujian outer model, inner model, analisis jalur (path analysis), uji t, serta analisis mediasi dengan metode bootstrapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perceived Usefulness berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap Intention to Use; (2) Perceived Risk berpengaruh langsung secara negatif dan signifikan terhadap Intention to Use; (3) Trust berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap Intention to Use; (4) Perceived Usefulness berpengaruh langsung secara positif terhadap Trust; (5) Perceived Risk berpengaruh langsung secara negatif terhadap Trust; (6) Terdapat pengaruh tidak langsung Perceived Usefulness terhadap Intention to Use melalui Trust; dan (7) Terdapat pengaruh tidak langsung Perceived Risk terhadap Intention to Use melalui Trust dengan arah negatif Kata Kunci: Perceived Risk, Digital Financial Literacy, Attitude Toward Using, Intention to Use, Blu by BCA

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Pembimbing 2 :
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Bisnis Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 22 Sep 2025 06:29
Last Modified: 22 Sep 2025 06:29
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12821

Actions (login required)

View Item View Item