PENGARUH ONLINE GROCERY DELIVERY SERVICE, PRODUCT QUALITY, DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA APLIKASI ALFAGIFT

ANAZTASYA, AZRA PUTRI (2025) PENGARUH ONLINE GROCERY DELIVERY SERVICE, PRODUCT QUALITY, DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION PADA APLIKASI ALFAGIFT. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tabel of Contents.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana online grocery delivery service, product quality, dan product knowledge mempengaruhi customer satisfaction pada pengguna aplikasi Alfagift. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi yang terdiri dari Generasi Y dan Z yang berdomisili di wilayah Jabodetabek serta telah melakukan minimal satu kali transaksi melalui aplikasi Alfagift. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan total 200 responden. Data dikumpulkan melalui survei daring menggunakan Google Form, yang berisi kuesioner dengan total 40 indikator. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert untuk menilai tingkat persetujuan responden terhadap setiap pernyataan. Untuk analisis data, penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan pendekatan Partial Least Squares (SEM-PLS), yang bertujuan untuk menguji keterkaitan antarvariabel dalam model yang diajukan. Terdapat tiga hipotesis utama dalam penelitian ini, dan seluruhnya diterima berdasarkan hasil analisis statistik yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan. Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa ketiga variabel independen, yaitu online grocery delivery service, product quality, dan product knowledge memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap customer satisfaction pengguna Alfagift. Dengan demikian, hasil studi ini menegaskan pentingnya optimalisasi layanan, peningkatan mutu produk, serta edukasi konsumen dalam meningkatkan loyalitas dan kepuasan pengguna aplikasi belanja digital seperti Alfagift. Kata Kunci: alfagift, customer satisfaction, online grocery delivery service, product knowledge, product quality

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1: Ibu Hania Aminah, S.Pd., M.M., Ph.D Pembimbing 2: Ibu Diena Noviarini, M.M.Si,
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Bisnis Digital
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 23 Sep 2025 04:34
Last Modified: 23 Sep 2025 04:34
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12833

Actions (login required)

View Item View Item