HERMAWAN, DENDRA (2025) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI FINTECH ADOPTION PADA PENGGUNA BCA MOBILE. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
|
Text
COVER.pdf Download (571kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (194kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (175kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
LOA Jurnal_Dendra Hermawan.pdf Download (417kB) | Preview |
Abstract
Dendra Hermawan: “Faktor-Faktor yang mempengaruhi Fintech Adoption pada Pengguna BCA Mobile”. Skripsi, Jakarta: Program Studi S1 Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Jakarta. Pembimbing: Prof. Dr. Umi Widyastuti, S.E., M.E. dan Diena Noviarini, MMSi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Financial Literacy, Perceived Ease of Use, dan Trust in Fintech terhadap Fintech Adoption pada Pengguna BCA Mobile. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner daring. Penelitian ini melibatkan 200 responden berusia 17–44 tahun yang berdomisili di DKI Jakarta dan merupakan pengguna aktif BCA Mobile. Analisis data dilakukan menggunakan teknik Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Financial Literacy memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Trust in Fintech. Selanjutnya, Financial Literacy memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Fintech Adoption. Kemudian, Perceived Ease of Use memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Trust in Fintech. Selain itu, Perceived Ease of Use memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Fintech Adoption. Selanjutnya, Trust in Fintech memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Fintech Adoption. Kemudian, Financial Literacy memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap Fintech Adoption melalui Trust in Fintech. Selain itu, Perceived Ease of Use memiliki pengaruh tidak langsung yang signifikan terhadap Fintech Adoption melalui Trust in Fintech. Implikasi dari hasil penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan literasi keuangan dan peningkatan kemudahan penggunaan untuk mendorong kepercayaan terhadap layanan fintech yang kemudian dapat meningkatkan adopsi layanan fintech. Temuan ini dapat dijadikan acuan strategis dalam mengembangkan pendekatan edukatif dan inovatif oleh BCA Mobile. Kata Kunci: Financial Literacy, Perceived Ease of Use, Trust in Fintech, Fintech Adoption, BCA Mobile.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Pembimbing 2 : |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Bisnis Digital |
Depositing User: | Pusat Belajar Ekonomi |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 09:40 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 09:40 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/12840 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |