PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS 2 DI SMAN 5 DEPOK

HANIFAH, HANIFAH (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPS 2 DI SMAN 5 DEPOK. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table_Of_Content.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] Text
Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img]
Preview
Text
Chapter3.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text
Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img]
Preview
Text
Chapter5.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliogtraphy.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HANIFAH. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPS 2 di SMAN 5 Depok. Skripsi, Jakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi dari kegiatan observasi yang dilakukan di kelas XI IPS 2, yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini terlihat pada saat kegiatan pembelajaran presentasi dan diskusi berlangsung banyak siswa yang kurang aktif berpikir atau malas berpikir ketika harus memberikan atau menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek penelitian ini yakni siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 47 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan tiga kali siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, penilaian observasi kemampuan berpikir kritis, soal pre test dan post test. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila rata-rata presentase kemampuan berpikir kritis siswa mencapai 76% dan apabila nilai ratarata post test memperoleh nilai diatas 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 58,51% keberhasilan yang kurang, lalu pada siklus II meningkat menjadi 71,38% yang termasuk kepada tingkap keberhasilan yang cukup dan pada siklus III meningkat kembali sebesar 80,74% yang termasuk kedalam kategori tingkat keberhasilan yang baik. Penilaian rata-rata hasil belajar pada siklus I pada pre test sebesar 46,8 lalu meningkat pada post test sebesar 61,76. Kemudian pada siklus II pre test sebesar 65,1 dan meningkat pada post test sebesar 71,4. Pada siklus III pre test 73,3 dan pada post test sebesar 82,06. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci : pembelajaran berbasis masalah, kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing I: Dr. Ari Saptono, SE, M.Pd ., Pembimbing II: Dicky Iranto, SE, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education) > Pendidikan Sekolah Lanjutan (Secondary Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 14 Dec 2017 03:22
Last Modified: 14 Dec 2017 03:22
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/1361

Actions (login required)

View Item View Item