Darmasari, Rani (2017) LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA DIVISI SEKRETARIS PERUSAHAAN PT. PEGADAIAN (PERSERO). Fakultas Ekonomi.
|
Text
Laporan PKL.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
LEMBAR EKSEKUTIF Rani Darmasari, 8143145186. Laporan Praktik Kerja Lapagan pada Divisi Sekretaris Perusahaan PT. Pegadaian (Persero) Jakarta. Program Studi D3 Sekretaris, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2017. Laporan Praktikan ini dibuat sebagai gambaran hasil pekerjaan yang telah dilakukan selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan. Tujuan utama Praktik Kerja Lapangan agar Mahasiswa tidak hanya paham tentang teori tetapi juga dapat mempraktikkannya langsung dalam dunia kerja sesuai dengan latar belakang pendidikan yaitu D3 Sekretaris Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan di PT. Pegaadaian (Persero) pada Divisi Sekretari Perusahaan yang beralamatkan di Jl. Kramat Raya no.62, Jakarta Pusat. Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan mulai tanggal 3 januari 2017 sampai dengan 9 maret 2017. Pekerjaan yang Praktikan lakukan selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan, antara lain melakukan tugas rutin dengan monitoring media,menangani telepon masuk, pengelolaan surat masuk ataupun surat keluar, menginput data serta mengoperasikan peralatan kantor. Praktikan mengalami beberapa kendala yaitu penumpukan dokumen pada meja kerja, sistem kearsipan yang berbeda dengan sistem kearsipan yang dipelajari dalam matakuliah, serta masih kurangnya peralatan kantor penunjang kearsipan seperti guide, kartu indeks serta lembar pesan telepon (LPT) . Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, Praktikan berinisiatif untuk merapihkan arsip tersebut sesuai dengan teori yang telah Praktikan dapatkan pada matakuliah, dan menyimpannya di tempat sementara sehingga meja kerja terlihat rapih dan nyaman. Dan untuk menangani perbedaan sistem kearsipaan dalam mata kuliah dengan di dunia kerja, Praktikan lebih sering bertanya kepada staf Divisi Sekretaris Perusahaan, untuk menyesuaikan sistem kearsipan yang Praktikan pahami dalam matakuliah dengan sistem kearsipan pada divisi tersebut. Sedangkan untuk mengatasi masalah tentang kurangnya peralatan kantor seperti guide, kartu indeks serta lembar pesan telepon. Praktikan mengganti guide, lembar pesan telepon dengan menggunakan sticky note. Saran untuk divisi Sekretaris Perusahaan, sebaiknya tidak menumpukan dokumen-dokumen pada meja kerja. Dikarenakan meja kerja menjadi tempat rutinitas sehari-hari, jadi apabila dokumen menumpuk pada meja kerja, akan menyebabkan kurang nyaman dalam beraktifitas. Selain itu, fungsi guide dan kartu indeks dalam kearsipan cukup penting, maka perlu dipertimbangkan lagi untuk melengkapi kekurangan pada peralatan kearsipan tersebut. Sedangkan untuk perbedaan dalam sistem kearsipan, Praktikan sarankan untuk lebih mendalami pengelolaan kearsipan sistem subjek. Sehingga memudahkan dalam penemuan kembali saat arsip tersebut di butuhkan.
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Henry Eryanto, MM |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Administrasi Negera dan Ilmu Kemiliteran (Public Administration & Military Science) > Administrasi Negara (Public Administration) Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Layanan Kantor (Office Services) Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Hubungan Masyarakat (Public Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Budi Siswanto |
Date Deposited: | 28 Mar 2018 02:51 |
Last Modified: | 28 Mar 2018 02:51 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/3996 |
Actions (login required)
View Item |