RIYANTI, RIA (2017) LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA BAGIAN PLASA TELKOM JAKARTA UTARA. Fakultas Ekonomi.
|
Text
laporan pkl ria riyanti fix setelah revisi.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
LEMBAR EKSEKUTIF RIA RIYANTI. 8105142712. Laporan Praktik Kerja Lapangan. Jakarta: Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, September 2017. Praktik Kerja Lapangan (PKL) di laksanakan di Divisi Customer Care Bagian Plasa PT Telkom Jakarta Utara selama kurang lebih 1 bulan terhitung sejak tanggal 25 Juli sampai dengan 26 Agustus 2016. Tujuan dilaksanakannya PKL adalah agar mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman kerja secara langsung, serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengenai dunia kerja dan juga memperoleh surat keterangan kerja dari instansi terkait. Penulis laporan ini bertujuan untuk memenuhi salah satu persyaratan akademik untuk mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. PT Telkom merupakan perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa jaringan telekomunikasi di Indonesia. Telkom menyediakan jasa telepon tetap kabel, jasa telpon tetap nirkabel,jasa telpon bergerak, data/internet serta jasa multimedia lainnya. Pelaksanaan kerja yang dilakukan Praktikan selama Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah Input Data Laporan Komplain dan Klaim Pelanggan, Menggandakan Dokumen, Melakukan Penawaran Produk Melalui Telepon, Mengarsip Dokumen, dan Memperbaiki Sistem Pelanggan Telkom. Dalam pelaksanaanya, Praktikan menemukan beberapa kendala diantaranya ; Komunikasi yang kurang efektif sehingga dalam melakukan pekerjaannya Praktikan sering mengalami mis komunikasi yang berakibat pada hasil pekerjaan yang tidak dapat selesai dengan baik, dan saat Praktikan menawarkan produk melalui telepon kepada pelanggan. Dan kendala kedua adalah fasilitas kantor yang disediakan untuk Praktikan yakni tidak dalam kondisi yang baik sehingga memperhambat Praktikan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dalam mengatasi kendala dalam hal komunikasi Praktikan mencoba untuk lebih sering membangun komunikasi terlebih dahulu dengan pembimbing atau karyawan yang lain, menanyakan hal-hal yang berkenaan dengan pekerjaan sehingga mengurangi kesalahan dalam pelaksanaan kerja, sedangkan dalam hal fasilitas kantor yang kurang terpelihara Praktikan mencoba melakukan pemeliharaan dan perawatan dengan sebaik-baiknya dengan membersihkannya secara teratur, melakukan scanning secara berkala, serta membersihkan komputer dari file tidak berguna dan backup data untuk mengantisipasi kelebihan kapasitas dan menggunakan laptop sesuai dengan kebutuhan. Praktikan dapat menarik kesimpulan bahwa Praktik Kerja Lapangan merupakan sarana untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya dan memberikan banyak pengalaman, keterampilan serta pengetahuan baru. Diharapkan perusahaan bisa menyediakan fasilitas kantor yang layak karena ketersediaan fasilitas kantor dengan kualitas baik, sangat dibutuhkan setiap organisasi dalam menyelenggarakan kegiatannya guna mencapai tujuan yang diharapkan.
Item Type: | Other |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Nuryetty Zain, MM |
Subjects: | Student Paper |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Budi Siswanto |
Date Deposited: | 09 Apr 2018 04:07 |
Last Modified: | 09 Apr 2018 04:07 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/4551 |
Actions (login required)
View Item |