LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA SUB BAGIAN HANDLING COMPLAINT DI PT TELKOM JAKARTA UTARA

AGUSTIANA, EKA (2017) LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN PADA SUB BAGIAN HANDLING COMPLAINT DI PT TELKOM JAKARTA UTARA. Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Revisi Laporan PKL_Eka Agustiana_8105142732_Pendidikan Ekonomi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

LEMBAR EKSEKUTIF EKA AGUSTIANA. 8105142732. Laporan Praktik Kerja Lapangan. Jakarta: Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, September 2017. Praktik Kerja Lapangan dilaksanakan pada Sub Bagian Handling Complaint selama satu bulan terhitung sejak tanggal 25 Juli 2016 sampai dengan 26 Agustus 2016. Tujuan dilaksanakannya Praktik Kerja Lapangan adalah untuk meningkatkan skills mahasiswa dalam berkomunikasi serta berhubungan dengan orang lain dan untuk mendorong mahasiswa agar bersikap kritis. Penulisan laporan ini bertujuan untuk memenuhi salah satu persyaratan akademik untuk mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. PT Telkom Indonesia merupakan satu-satunya perusahaan telekomunikasi yang kepemilikannya diawasi oleh pemerintah. Pertama kali didirikannya yaitu bermula dari pengoperasian layanan jasa telegraf pada tanggal 23 Oktober 1856. Visi dan misi PT Telkom yaitu “Be The King of Digital The Region” sedangkan misinya yaitu “Lead Indonesian Digital Innovation and Globalization”. Pelaksanaan kerja yang dilakukan Praktikan selama Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah menginput data keluhan pelanggan di website New Operation Support System Assurance (NOSSA) dan merekapitulasinya ke dalam Microsoft Excel, membuat presentasi mengenai rekapitulasi gangguan setiap akhir bulan, melakukan kegiatan penanganan telepon masuk maupun keluar, menstempel surat keluar untuk penawaran produk indihome, dan mengikuti rapat rutin bersama sub divisi handling complaint. Dalam pelaksanaanya, Praktikan menemukan beberapa kendala diantaranya: Komunikasi yang kurang efektif antara Praktikan dengan Pelangggan (customer) PT Telkom, serta tata ruang kantor terbuka untuk beberapa macam divisi sehingga ruangan cenderung bising dan sangat mengganggu dalam pelaksanaan kerja karena ruangan tidak kondusif. Dalam mengatasi kendala komunikasi yang kurang efektif, Praktikan memonitoring dan mengawal secara langsung apakah keluhan dari pelanggan sudah ditangani atau belum. Hal ini dapat mengurangi mis komunikasi, selanjutnta dalam tata ruang kantor terbuka untuk beberapa macam divisi mengatasinya dengan cara melakukan penanganan telepon di tempat yang bersekat. Praktikan dapat menarik kesimpulan bahwa Praktik Kerja Lapangan merupakan cara untuk menerapkan seluruh ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan untuk diaplikasikan di dunia kerja. Dengan adanya Praktik Kerja Lapangan (PKL), diharapkan mahasiswa mempunyai pengalaman bekerja yang dapat meningkatkan skills dan keterampilannya. Adapun saran Praktikan yaitu sebaiknya komunikasi diantara bagian Handling Complaint dengan bagian lapangan perlu ditingkatkan lagi sehingga memberikan kenyamanan kepada pelanggan. Selain itu, sebaiknya antar sub divisi diberikan sekat agar ruangan tidak bising sehingga meningkatkan konsentrasi ketika bekerja.

Item Type: Other
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nuryetty Zain, MM
Subjects: Student Paper
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 09 Apr 2018 04:10
Last Modified: 09 Apr 2018 04:10
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/4553

Actions (login required)

View Item View Item