PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 44 JAKARTA

IRYANTI, FENIA (2021) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 44 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER-KATA PENGANTAR (16).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABEL OF CONTENT (3).pdf

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (46).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II (48).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB III (46).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV (46).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V (22).pdf

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (62).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

FENIA IRYANTI. “Pengaruh Kesiapan Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 44 Jakarta”. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Jakarta. 2020 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 44 Jakarta. Populasi penelitian ini sebanyak 175 siswa kelas X jurusan AKL, OTKP, dan BDP di SMK Negeri 44 Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan propotional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 122 siswa. Data variabel motivasi belajar, kesiapan belajar, dan lingkungan keluarga diperoleh dari kuesioner. Hasil dari analisis menunjukkan: (i) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kesiapan belajar terhadap motivasi belajar, (ii) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar, (iii) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kesiapan belajar dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap motivasi belajar. Penelitian ini menyatakan bahwa siswa harus dapat beradaptasi dan memiliki kesiapan belajar dengan adanya sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena lebih sering menggunakan handphone atau laptop, kemudian orang tua menciptakan suasana rumah yang kondusif, harmonis dan mendampingi anaknya belajar sehingga anak dapat termotivasi dalam belajar. Kata kunci: kesiapan belajar, lingkungan keluarga, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Sri Zulaihati, M.Si Pembimbing 2 : Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 07 Sep 2021 06:48
Last Modified: 07 Sep 2021 06:48
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/9973

Actions (login required)

View Item View Item