SEFTIYANA, DEVI (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 13 JAKARTA PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PENGOLAH ANGKA (SPREADSHEET). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.
|
Text
1. COVER (37).pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
2. TABLE_OF_CONTENT (7).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I (27).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
4. BAB II (24).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
5. BAB III (21).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
6. BAB IV (24).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
7. BAB V (18).pdf Download (795kB) | Preview |
|
|
Text
8. BIBLIOGRAPHY (20).pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
11. ARTIKEL JURNAL_DEVI SEFTIYANA_1701617090.pdf Download (370kB) | Preview |
Abstract
DEVI SEFTIYANA, 1701617090, Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 13 Jakarta pada Mata Pelajaran Aplikasi Pengolah Angka (Spreadsheet). Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran aplikasi pengolah angka (spreadsheet) siswa kelas X di SMK Negeri 13 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 108 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 84 siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kecerdasan emosional dan disiplin belajar menggunakan kuesioner dan diukur dengan skala likert, serta data dokumentasi untuk memperoleh informasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa data berdistribusi normal dan linear. Hasil uji hipotesis pada uji T menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar serta terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara disiplin belajar terhadap hasil belajar. Hasil uji F menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar. Koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 80,4% yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan disiplin belajar secara serentak memengaruhi hasil belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Disiplin Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : Santi Susanti, S.Pd., M.Ak Pembimbing 2 : Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak |
Subjects: | Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Budi Siswanto |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 01:40 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 01:40 |
URI: | http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10116 |
Actions (login required)
View Item |