PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 13 JAKARTA PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PENGOLAH ANGKA (SPREADSHEET)

SEFTIYANA, DEVI (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 13 JAKARTA PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PENGOLAH ANGKA (SPREADSHEET). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER (37).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. TABLE_OF_CONTENT (7).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I (27).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
4. BAB II (24).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
5. BAB III (21).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV (24).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V (18).pdf

Download (795kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BIBLIOGRAPHY (20).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. ARTIKEL JURNAL_DEVI SEFTIYANA_1701617090.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

DEVI SEFTIYANA, 1701617090, Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 13 Jakarta pada Mata Pelajaran Aplikasi Pengolah Angka (Spreadsheet). Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran aplikasi pengolah angka (spreadsheet) siswa kelas X di SMK Negeri 13 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 108 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 84 siswa. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data kecerdasan emosional dan disiplin belajar menggunakan kuesioner dan diukur dengan skala likert, serta data dokumentasi untuk memperoleh informasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa data berdistribusi normal dan linear. Hasil uji hipotesis pada uji T menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar serta terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara disiplin belajar terhadap hasil belajar. Hasil uji F menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kecerdasan emosional dan disiplin belajar terhadap hasil belajar. Koefisien determinasi pada penelitian ini sebesar 80,4% yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan disiplin belajar secara serentak memengaruhi hasil belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Disiplin Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Santi Susanti, S.Pd., M.Ak Pembimbing 2 : Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 16 Dec 2021 01:40
Last Modified: 16 Dec 2021 01:40
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10116

Actions (login required)

View Item View Item