UBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI JAKARTA TIMUR

ASTIKA, TRIANI (2022) UBUNGAN ANTARA KONTROL DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER (55).pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. TABLE_OF_CONTENT (16).pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I (36).pdf

Download (182kB) | Preview
[img] Text
4. BAB II (33).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img]
Preview
Text
5. BAB III (30).pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV (33).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V (27).pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BIBILIOGRAPHY (1).pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. JURNAL_Triani Astika_1701617030.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

TRIANI ASTIKA, 1701617030, Hubungan antara Kontrol Diri dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMK Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di Jakarta Timur. Skripsi, Jakarta: Fakultas Ekonomi, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kontrol diri dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMK Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di Jakarta Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 138 siswa. Teknik pengujian yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji T dan uji F. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif dan signifikan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik, terdapat hubungan negatif dan signifikan antara dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik, dan terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dan dukungan sosial secara simultan dengan prokrastinasi akademik. Dari hasil ini menunjukkan bahwa semakin rendah kontrol diri dan dukungan sosial siswa, maka semakin tinggi prokrastinasi akademik, dan sebaliknya. Temuan yang diperoleh yaitu tingkat prokrastinasi akademik siswa berada dalam kategori sedang, sedangkan tingkat kontrol diri dan dukungan sosial siswa termasuk kategori tinggi. Rekomendasi bagi siswa, untuk mengurangi tingkat prokrastinasi akademik, sebaiknya siswa menyusun jadwal secara berkala terkait kegiatan di sekolah. Kemudian untuk meningkatkan kontrol diri, siswa sebaiknya mampu memberikan penafsiran dan penilaian positif atas situasi yang tidak diinginkan. Dan terakhir, untuk meningkatkan dukungan sosial, sebaiknya orang-orang terdekat dapat memberikan dukungan informasi yang lebih kepada siswa. Serta bagi penelitian selanjutnya, diharapkan meneliti faktor-faktor prokrastinasi akademik lainnya agar dapat memperluas ilmu pengetahuan khususnya prokrastinasi akademik. Selain itu, penelitian lainnya juga dapat melakukan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengurangi atau meminimalisir terjadinya prokrastinasi akademik dengan diterapkannya teknik tertentu. Kata kunci: Prokrastinasi Akademik, Kontrol Diri, Dukungan Sosial

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Sri Zulaihati, M.Si Pembimbing 2 : Ati Sumiati, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:28
Last Modified: 14 Mar 2022 04:28
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10214

Actions (login required)

View Item View Item