PENGARUH CONSUMER ETHNOCENTRISM, BRAND IMAGE DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BUATAN INDONESIA

AHMADI, ALYSSA PUTRI (2022) PENGARUH CONSUMER ETHNOCENTRISM, BRAND IMAGE DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BUATAN INDONESIA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER - 2022-03-15T104545.319.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABLE OF CONTENT (93).pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (75).pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 (71).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3 (73).pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
BAB 4 (74).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5 (61).pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (100).pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL (26).pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

ALYSSA PUTRI AHMADI. Pengaruh Consumer Ethnocentrism, Brand Image dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Buatan Indonesia. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh consumer ethnocentrism, brand image dan product knowledge terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di wilayah Jabodetabek selama enam bulan terhitung sejak Januari hingga Juni 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa metode survei. Populasi yang digunakan adalah konsumen produk buatan Indonesia di wilayah Jabodetabek. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 200 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan alat analisis IBM SPSS 22.0. Berdasarkan hasil uji regresi sederhana pada consumer ethnocentrism didapatkan persamaan Ŷ = 19,270 + 0,726X dan brand image Ŷ = 14,385 + 0,802X serta product knowledge Ŷ = 15,027 + 0,932X. Selanjutnya, berdasarkan uji t didapatkan hasil thitung > ttabel dan nilai sig. < 0,05, hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara consumer ethnocentrism, brand image dan product knowledge secara parsial terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya, berdasarkan perhitungan koefisien determinasi Y atas X1 diperoleh nilai R2 sebesar 0,331 yang menunjukkan bahwa 33,1% variasi pada variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel consumer ethnocentrism. Dan perhitungan koefisien determinasi Y atas X2 diperoleh nilai R2 sebesar 0,338 yang berarti 33,8% variasi pada variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel brand image. Serta perhitungan koefisien determinasi Y atas X3 diperoleh nilai R2 sebesar 0,347 yang berarti 34,7% variasi pada variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel product knowledge. Sedangkan sisanya 66,9%, 66,2% dan 65,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Consumer Ethnocentrism, Brand Image, Product Knowledge, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ryna Parlyna, M.B.A. Pembimbing 2 : Muhammad Yusuf, SE., MM.
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 15 Mar 2022 06:25
Last Modified: 15 Mar 2022 06:25
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10225

Actions (login required)

View Item View Item