PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MUSFIKHUNA, KHOSYATILLAH (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER - 2022-03-23T122744.259.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABLE OF CONTENT - 2022-03-23T123004.411.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (89).pdf

Download (718kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 (86).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB 3 (88).pdf

Download (778kB) | Preview
[img] Text
BAB 4 (87).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5 (76).pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA - 2022-03-23T123435.719.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL (36).pdf

Download (732kB) | Preview

Abstract

KHOSYATILLAH MUSFIKHUNA, Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universias Negeri Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berupa audio visual dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan terhitung sejak bulan Januari 2021 sampai Juli 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada responden yang dilakukan secara daring melalui Google Form. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif yang didapatkan berdasarkan jawaban responden dalam survei dan juga teori terdahulu yang bersumber dari jurnal ilmiah, buku maupun portal berita dengan analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta, dan sampel yang diambil adalah Mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta angkatan 2017 dan 2018 yang pernah atau sedang menggunakan media pembelajaran audio visual. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 243 responden. Pada penelitian ini, masing-masing variabel memiliki hasil yang linear berdasarkan uji linearitas yang dilakukan bahwa media pembelajaran dan motivasi belajar memiliki hasil linearitas < 0,05 terhadap kemampuan berpikir kritis. Pada uji regresi linear sederhana, didapatkan persamaan Ŷ = 21,360 + 0,629X dan Ŷ = 18,451 + 0,710X. Selain itu, pada uji t nilai sig < 0,05 dan nilai t hitung > t tabel, hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis. Pada pengujian koefiensi determinasi, menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara variabel media pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis memiliki interpretasi sedang dengan koefisien determinasi media pembelajaran sebesar 0,336 yang berarti 33,6% variasi pada kemampuan berpikir kritis dapat dijelaskan oleh media pembelajaran, sedangkan 66,4% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan pengujian koefiensi determinasi pada motivasi belajar, menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara variabel motivasi belajar dengan kemampuan berpikir kritis memiliki interpretasi tinggi dengan koefisien determinasi motivasi belajar sebesar 0,410 yang berarti 41% variasi pada kemampuan berpikir kritis dapat dijelaskan oleh motivasi belajar, sedangkan 59% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian ini sesuai dengan hipotesis yang sudah dirumuskan bahwa: Terdapat pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis secara positif dan signifikan. Terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis secara positif dan signifikan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ryna Parlyna, M.B.A Pembimbing 2 : Nadya Fadillah Fidhyallah, S.Pd, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu-Ilmu Terapan (Technology and Applied Science) > Manajemen (Management and Auxiliary Service) > Bisnis (Business)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Budi Siswanto
Date Deposited: 23 Mar 2022 05:36
Last Modified: 23 Mar 2022 05:36
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10247

Actions (login required)

View Item View Item