PENGARUH MINAT BELAJAR, EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI PADA SISWA KELAS X SMAN 105 JAKARTA)

Bunga, Bunga (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR, EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI PADA SISWA KELAS X SMAN 105 JAKARTA). S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Table of content.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (601kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bibliography.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

BUNGA, PENGARUH MINAT BELAJAR, EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI PADA SISWA KELAS X SMAN 105 JAKARTA), Skripsi, Jakarta, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2022 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar, efektivitas media pembelajaran, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 105 Jakarta selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan motivasi belajar sebagai varibel intervening. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung dari bulan Agustus s.d. Desember 2021. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kausalitas sebab akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 105 Jakarta yang berjumlah 117 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan menjadikan anggota populasi sebagai sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan kuesioner tertutup melalui Google Form. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer untuk variabel bebas (X) dan data sekunder untuk variabel terikat (Y). Analisis data menggunakan teknik analisis jalur (Path Analysis) dengan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, efektivitas media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar, minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, efektivitas media pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Hal lain dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa motivasi belajar dapat memediasi variabel minat belajar terhadap prestasi belajar, dan variabel motivasi belajar dapat memediasi variabel efektivitas media pembelajaran terhadap prestasi belajar. Kata Kunci : Minat Belajar, Efektivitas Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 :Dicky Iranto, SE, M.SE Pembimbing 2 :Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, M.SE,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Ilmu Sosial (Social Science) > Pendidikan (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 05 Oct 2022 07:55
Last Modified: 05 Oct 2022 07:55
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10572

Actions (login required)

View Item View Item