FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIF SOSIAL-EKONOMI MELALUI KEPUTUSAN BERZAKAT MENGGUNAKAN LAYANAN DIGITAL (STUDI KASUS LAZ AL-AZHAR). ARIFAH KHAIRRANI

KHAIRRANI, ARIFAH (2022) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIF SOSIAL-EKONOMI MELALUI KEPUTUSAN BERZAKAT MENGGUNAKAN LAYANAN DIGITAL (STUDI KASUS LAZ AL-AZHAR). ARIFAH KHAIRRANI. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
PDF COVER _Arifah Khairrani-1-8.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI _Arifah Khairrani-9-13.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I _Arifah Khairrani-14-22.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text
BAB II _Arifah Khairrani-23-48.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img]
Preview
Text
BAB III _Arifah Khairrani-49-56.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
BAB IV _Arifah Khairrani-57-79.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V _Arifah Khairrani-80-82.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BIBLIOGRAPHY _Arifah Khairrani-83-89.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIF SOSIAL-EKONOMI MELALUI KEPUTUSAN BERZAKAT MENGGUNAKAN LAYANAN DIGITAL (STUDI KASUS LAZ AL AZHAR) Penelitian ini memiliki latar belakang yang berarah kepada persoalan yang terdapat terlihat dimana adanya kesenjangan ekonomi maupun sosial. Sebagai negara dengan mayoritas populasinya Muslim, terdapat potensi besar instrumen keuangan islami untuk kesejahteraan umat, salah satunya adalah zakat sebagai instrumen pemerataan pendapatan yang dapat menjadi jawaban dari permasalahan yang terlihat jelas. Hal ini menunjukkan belum berfungsinya zakat sebagai instrument pemerataan. Oleh karena itu penelitiani ini memiliki tujuan untuki mengetahui bagaimana pengaruh dari religiusitas, kepercayaani serta kemudahan penggunaan kepada keputusan muzakki untuk berzakat melalui layanan digital, khususnya generasi millenial. Dalam melakukan penelitian ini peneliti melakukan jenis penelitian kualitatif serta melalui ipendekatan Analytical Network Process (ANP) yang peneliti gunakan agar dapat menemukan priority faktor dari keputusan muzakki millenial dalam berzakat menggunakan digital platform. Sumberidata pada penelitiani ini diperoleh melalui berbagaii tahapan yaitu dengan melakukan wawancara mendalam pada para muzakki sebagai bahan diskusi dengan para ahli dan praktisi, wawancara mendalam (Indepth Interview) bersama praktisi serta pakarnya, hingga yang terakhir membuat suatu jaringan yang dibantu oleh software super decision dan langkah terakhir ialah menentukan prioritas. Pada akhirnya penelitian ini menemukan hasil religiusitasi tidak memiliki pengaruh pada keputusan muzakki berzakat melalui layanan digital, sedangkan kepercayaan dan kemudahan penggunaan berpengaruh dan ditemukan faktor lain, yaitu literasi zakat yang menunjukan berpengaruh terhadap keputusan muzakki berzakat secara digital. Dengan faktor yang paling berpengaruh terhadap keputusan muzakki berzakat secara digital ialah faktor kemudahan penggunaan Kata Kunci: Zakat, Religiusitas, Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, Literasi Zakat, Digital Platform, Analytical Network Process (ANP)

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, SE., M.SE., Pembimbing 2 : Dicky Iranto, SE, M.SE.,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:46
Last Modified: 07 Oct 2022 03:46
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10654

Actions (login required)

View Item View Item