PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PERILAKU MENYONTEK PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2019

HASNA, KHAIRUNNISA (2022) PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PERILAKU MENYONTEK PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2019. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB) | Preview

Abstract

Khairunnisa Hasna, 1709617084. Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Minat Belajar terhadap Perilaku Menyontek pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Konformitas Teman Sebaya (X1) dan Minat Belajar (X2) dengan Perilaku Menyontek (Y) pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama sepuluh bulan terhitung mulai bulan Maret 2021 sampai dengan bulan Januari 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah 326 siswa. Berdasarkan tabel Isaac dan Michael, maka jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 167 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dengan nilai signifikansi variabel konformitas teman sebaya sebesar 0,082; nilai signifikansi variabel minat belajar sebesar 0,200; nilai signifikansi variabel perilaku menyontek sebesar 0,200. Hasil uji linearitas nilai Deviation of Linearity variabel konformitas teman sebaya sebesar 0,779 dan variabel minat belajar sebesar 0,714; (2) Uji asumsi klasik yang terdiri dari uji multikolineartitas dan uji heterokedastisitas. Hasil uji multikolinearitas untuk nilai Tolerance sebesar 0,921 > 0,1 dan nilai VIF sebesar 1,086 < 10. Hasil uji heterokedastisitas untuk variabel penggunaan gadget sebesar 0,557 > 0,05 dan variabel lingkungan teman sebaya sebesar 0,812 > 0,05; (3) Uji regresi linear berganda dengan hasil persamaan Ŷ = 21,159 + 0,495X1 - 0,112X2; (4) Uji hipotesis yang terdiri dari uji F dan uji T. Hasil uji F pada tabel ANOVA yaitu F hitung sebesar 106,993 > F tabel 3,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh secara bersama-sama antara Konformitas Teman Sebaya (X1) dan Minat Belajar (X2) dengan Perilaku Menyontek (Y). Hasil uji T variabel konformitas teman sebaya sebesar 13,296 > t tabel 1,97453 dan variabel minat belajar sebesar -2,119 < t tabel -1,97453. Hal ini berarti terdapat pengaruh positif antara Konformitas Teman Sebaya (X1) dengan Perilaku Menyontek (Y) dan hubungan negatif antara Minat Belajar (X2) dengan Perilaku Menyontek (Y). (5) Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) diperoleh hasil sebesar 0,566 yang berarti variabel perilaku menyontek (Y) secara simultan atau bersama-sama adalah sebesar 56,6%, sedangkan sisanya sebesar 43,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Konformitas Teman Sebaya, Minat Belajar, Perilaku Menyontek

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Roni Faslah, S.Pd, M.M Pembimbing 2 : Dra.R.R Ponco Dewi Karyaningsih, M M
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science)
Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:52
Last Modified: 07 Oct 2022 03:52
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10664

Actions (login required)

View Item View Item