PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA GURU TINGKAT SMK SWASTA DI JAKARTA TIMUR

PUTRI, NURUL APRILIANI (2022) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI, DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA GURU TINGKAT SMK SWASTA DI JAKARTA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (850kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TABLE OF CONTENT.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

NURUL APRILIANI PUTRI. 1709617010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kepemimpinan yang Melayani dan Komitmen Organisasi Terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Guru Tingkat SMK Swasta Di Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kepemimpinan yang melayani dan komitmen organisasi terhadap organizational citizenship behavior. Penelitian ini dilakukan selama 10 (sepuluh) bulan dimulai dari bulan Desember 2020 hingga Juni 2021. Metode penelitian secara kuantitatif dengan menggunakan skala likert, serta metode pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dan menggunakan SmartPLS versi 3.0 untuk menampilkan analisis statistik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 119 guru dari 188 populasi guru tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK) berstatus swasta di Jakarta Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kepemimpinan yang melayani, dan komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap perilaku organisasi kewarganegaraan guru. Hal ini menunjukkan bahwa jika guru memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, maka guru juga akan memiliki perilaku organisasi kewarganegaraan yang tinggi. Adapun, jika kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan yang melayani, maka dapat mendukung perilaku organisasi kewarganegaraan guru. Selain itu, jika para guru memiliki komitmen organisasi yang tinggi, maka akan meningkatkan perilaku organisasi kewarganegaaran mereka. Hal ini juga memberikan bukti empiris terkait kecerdasan emosional, kepemimpinan yang melayani, dan komitmen organisasi terhadap perilaku organisasi kewarganegaraan dapat dicapai jika kepala sekolah dan para gurunya memiliki hubungan interpersonal dan kerja sama yang baik. penelitian ini memberikan rekomendasi atau saran kepada kepala sekolah untuk menerapkan gaya kepemimpinan yang melayani dengan baik, agar dapat merangsang kecerdasaan emosional dan komitmen organisasi para gurunya untuk melakukan perilaku organisasi kewarganegaraan. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kepemimpinan yang Melayani, Komitmen Organisasi, Organizational Citizenhip Behavior, Guru, Sekolah Menengah Kejuruan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. Osly Usman, SE., M.Bus. Mgt., M.Bus.Syst, Pembimbing 2 : Susan Febriantina, S.Pd., M.Pd,
Subjects: Ilmu Sosial (Social Science)
Ilmu Sosial (Social Science) > Ilmu Ekonomi (Economics)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Pusat Belajar Ekonomi
Date Deposited: 07 Oct 2022 07:42
Last Modified: 07 Oct 2022 07:42
URI: http://repository.fe.unj.ac.id/id/eprint/10683

Actions (login required)

View Item View Item